BMKG Sultra : Gempa Bumi Kendari Tidak Berpotensi Stunami

KENDARI- KALOSARANEWS.COM – Gempabumi di Barat Laut Kendari, Sulawesi Tenggara hari minggu tanggal 30 Oktober 2016. Gempa bumi tektonik mengguncang wilayah barat laut Kendari dan sekitarnya, hasil analisis BMKG menunjukan bahwa gempa bumi ini terjadi pada pukul12:42:47 WITA dengan kekuatan M=4.3 SR dengan epicenter pada koordinat 3.86 LS – 122.34 BT sekitar 19,6 KM Barat Laut Kendari atau 32 KM arah timur laut unaaha, pada kedalaman 10 km.Kepala Stasiun Geofisika Kendari Rosa Amelia,S.Si  menuturkan,  Peta tingkat goncangan (Shakemap) BMKG menunjukan bahwa dampak gempabumi berupa goncangan kuat dirasakan di Kota Kendari dalam skala intensitas II SIG-BMKG (II-III MMI).

” Di daerah ini goncangan gempa bumi dilaporkan dirasakan oleh banyak orang. Hasil koordinasi dengan BPBD Propinsi Sultra hingga saat laporan ini dibuat belum ada informasi adanya kerusakan akibat gempa bumi tersebut” tuturnya

Terkait dengan peristiwa Gempa bumi di wilayah Kendari ini, hingga Laporan ini disusun pada Pukul 13.26 WITA belum terjadi aktivitas gempabumi susulan.

” Masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan melakukan aktivitas seperti biasa dengan terus mengikuti arahan BPBD dan BMKG. Gempabumi yang terjadi tidak berpotensi Tsunami. Ditinjau dari kedalamannya, gempabumi ini merupakan gempabumi dangkal akibat aktivitas sesar Lawanopo yang berada di atas Kota Kendari.

Reporter: Ali Akbar Ndigamu
Edit Redaksi

BACA JUGA :   PK IMM IAIN Kendari Adakan Dialog Publik Soal Kerusakan Lingkungan

Tentang Penulis: admin

Gambar Gravatar
PT Kalosara Media Sultra | Penerbit www.kalosaranews.com merupakan anggota Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Sulawesi Tenggara (Sultra) serta tergabung dalam jaringan Siberindo.co