BPBD Koltim Minta Warga Waspadai Musim Pancaroba

Reporter : Utha | Editor : Armin | Publizher : Iksan


KALOSARA NEWS – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kolaka Timur (Koltim) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) mewaspadai dampak pengalihan musim yang terjadi di wilayah Koltim.

Masyarakat di minta untuk memahami kondisi sekitar dan menyiapkan mitigasi bencana yang dimungkinkan akan terjadi akibat peralihan musim dari musim penghujan ke musim kemarau.

Kepala BPBD Koltim, Anzarullah mengatakan, di musim peralihan cuaca atau masa pancaroba biasanya akan di barengi dengan cuaca ekstrim, seperti intensitas hujan tiba-tiba meningkat yang di mungkinkan mengakibatkan banjir dan tanah longsor, untuk itu pihak BPBD terus melakukan koordinasi dengan pihak pemerintah kecamatan terkait peralihan musim saat ini.

” Kita terus berkoordinasi dengan pihak Kecamatan dan tim TRC juga terus melakukan pemantauan kondisi sejumlah wilayah. selain itu kita juga melakukan laporan ke pusat BNPB terkait kondisi sekarang, laporan ini setiap hari di lakukan,” kata Anzarullah, Kamis 29/07/2021.

Namun yang paling di waspadai saat memasuki musim kemarau, seperti di kawasan rawa tinondo di kecamatan Tinondo-Lalolae selain itu kawasan hutan lindung menjadi perhatian saat kemarau. Kondisi ini rentan terjadi kebakaran akibat pembukaan lahan pertanian oleh masyarakat sekitar.

” Prediksi BMKG Agustus -September itu sudah kemarau, jadi tidak hanya rawa Tinondo tapi semua wilayah memiliki potensi rawan kebakaran. Kita juga mengimbau selain kebakaran kondisi kesehatan juga harus di waspadai apa lagi masih dalam kondisi pandemi cobid-19 saat ini,” terang Anzarullah.

BACA JUGA :   Menyoal Tambang Antara Potensi Dan Ancaman

Tentang Penulis: admin

Gambar Gravatar
PT Kalosara Media Sultra | Penerbit www.kalosaranews.com merupakan anggota Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Sulawesi Tenggara (Sultra) serta tergabung dalam jaringan Siberindo.co