Buka Musrenbang, Kery : Pertanian sebagai Penggerak Perekonomian Daerah Konawe

Reporter : Rj | Editor : Armin | Publizher : Iksan


KALOSARA NEWS : Pemerintah Kabupaten Konawe menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) tingkat Kabupaten Konawe di hotel Nugraha Unaaha, Rabu 07 Meret 2021.

Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa meminta agar momentum seperti ini untuk selalu dijaga

“Tujuan musyawarah rencana pembangunan yaitu untuk terus menjaga momentum ini , kita semua perlu membangun sinergi yang kuat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Konawe,” katanya dalam sambutannya.

Menurut orang nomor satu di Konawe ini, seluruh sumber daya yang dimiliki harus dikerahkan untuk memperoleh hasil yang optimal ,

“Saya bersyukur seluruh steckholder pemerintah dapat mengimplementasikan perencanaan yang telah kita bangun bersama hingga serankaian prestasi-prestasi positip dapat kita peroleh ke depan,” kata Kery.

 

Lanjut Kery ke depan ia berharap Konawe gemilang saat ini dapat menjadi motor bergeraknya Sultra gemilang di masa- masa yang akan datang .

“Mengenai upaya pemerintah kabupaten Konawe dalam ranka memperbaiki tata kelola perencanaan dan penganggaran daerah yang kita arahkan berjalan dengan normatif berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku,” lanjutnya.

Ia menambahkan keberhasilan Konawe dapat terus menerus secara konsisten mengendalikan pertanian tanaman pangan sebagai penggerak perekonomian daerah yang di tandai dengan surplus pangan setiap tahunnya.

“Kemudian dari sisi daya saing daerah kita telah dapat mengembangkan industri Morosi dan ke depan akan mendorong kawasan routa sebagai penyangga KSN soroako dimana saat ini sektor usaha industri manufaktur tersebut telah menjadi salah satu adalan dalam mendorong pertumbuhan ekonomi daerah,” mantan ketua DPRD Konawe ini

“Dari sisi pelayanan publik saat ini kita sudah mendorong BLUD RSUD Konawe sebagai rumah sakit Bintang lima di provinsi. Tidak saja sampai disitu komitmen memperbaiki dan meningkatkan kualitas pelayanan fublik tercermin pada tahun ini kita akan membangun mall pelayanan fublik yang akan menaungi 14 jenis pelayanan fublik yang ada,” tambahnya.

BACA JUGA :   Aksi Solidaritas Tolak Tambang Berujung Lempar Batu, Polisi Terluka

Pada kesempatan itu, Ketua Panitia Musrenbang, Munawar Taligana melaporkan, salah satu tantangan sumber daya manusia (SDM) Konawe saat ini adalah perubahan itu sendiri. SDM saat ini perlu melakukan penyesuaian-penyesuaian terhadap perkembangan kinerja yang sudah banyak berbasis teknologi.

“Kita saat ini terhubung dalam Satuan Informasi Pembangunan Daerah (SIPD). Kendala kita ada dua, pertama SDM dan yang kedua, jaringan internet di daerah. Ini menjadi tantangan kita,” ujarnya.

Menurut Munawar, ada enam poin pokok yang menjadi pembahasan di SIPD. Pertama, pemerataan layanan dasar. Kedua, peningkatan produksi pertanian. Ketiga, mendorong kawasan industri dan investasi. Keempat, meningkatkan program infrastruktur. Kelima, meningkatkan kapasitas OPD. Dan yang terakhir, mendorong pengelolaan saranan dan prasarana lingkungan.

Acara musrenbang tersebut dihadiri langsung Bupati Konawe ,Ketua DPRD Konawe, Sekda Konawe dan semua unsur forkopimda.


 

Tentang Penulis: admin

Gambar Gravatar
PT Kalosara Media Sultra | Penerbit www.kalosaranews.com merupakan anggota Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Sulawesi Tenggara (Sultra) serta tergabung dalam jaringan Siberindo.co