Bukan Teman, Peneliti Sebut Kedekatan dengan Keluarga Penentu Panjang Umur

kalosaranews.com –  Konon salah satu cara ampuh untuk memperpanjang usia seseorang adalah dengan memperbanyak teman. Tetapi studi terbaru mengaku tak sepakat dengan hal ini.

Peneliti dari Dalla Lana School of Public Health, University of Toronto mengatakan, punya banyak teman memang menyenangkan, akan tetapi kedekatan dengan keluargalah yang berpengaruh terhadap panjang pendeknya umur seseorang.
Kesimpulan ini didapat lewat sebuah survei yang dilakukan terhadap 3.000-an orang di tahun 2005 dan 2006, saat umur mereka berkisar antara 57-85 tahun. Dalam survei itu, responden diminta menyebutkan lima orang terdekat mereka, kecuali pasangan, dan menjelaskan seperti apa kedekatan yang mereka miliki.

Peneliti juga mengamati berapa saja partisipan yang meninggal dalam kisaran tahun 2010-2011. Setelah dirata-rata, tiap orang memiliki setidaknya 2,91 ‘orang dekat’. Mayoritas juga mengaku mendapatkan dukungan yang tinggi dari lingkungan di sekelilingnya.

BACA JUGA :   Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir Sabet Gelar Juara Dunia Kedua

Tentang Penulis: admin

Gambar Gravatar
PT Kalosara Media Sultra | Penerbit www.kalosaranews.com merupakan anggota Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Sulawesi Tenggara (Sultra) serta tergabung dalam jaringan Siberindo.co