Ragam  

Bumdes Pengaruhi Perkembangan Ekonomi di Polipoia, Koltim

KABUPATEN KOLAKA -SULAWESI TENGGARA

KALOSARA NEWSAhmad Runny selaku pendamping kecamatan menyebutkan, di Kecamatan Polipolia Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) menjadi basis perekonomian rakyat sekalipun sumber pendapatan petani mengandalkan pertanian dalam arti luas.  

Ketgam : Ahmad Runny

Ahmad Runny menuturkan,  sejak tahun 2017 per putaran anggaran Bumdes di Kecamatan Polipolia mencapai Rp900 juta. Artinya dengan angkat itu mobilisasi ekonomi mengalami peningkatan yang cukup pesat.

Kata Ahmad Runny, adapun bidang usaha Bumdes yang dikelola oleh desa  seperti usaha jasa, perkebunan,perdagangan hingga usaha jual beli minyak nilam.

Menurut Ahmad Runny , hasil bumi masyarakat juga bisa di jual langsung kepada bumdes sehingga harga tidak lagi di permainkan oleh tengkulak.

“Untuk tahun lalu, kami melakukan peningkatan sumber daya pengurus melalui pelatihan bumdes di tahun 2017 dengan demikian memasuki tahun 2018 para pengurus bumdes tidak lagi mengalami kesulitan dan mengelola manajemen bumdes dengan baik. ” Kata Ahmad Runny saat rapat koordinasi antar lembaga bumdes di 9 desa Kecamatan Polipolia Selasa, (9/01/2017) di aula kantor camat.

Reporter : Irwandar

 

error: Hak Cipta dalam Undang-undang