Bupati Konsel Pimpin Apel Gelar Pasukan Pasca Pemilu dan Cipkon Ramadhan 1440 H

Ketgam : Bupati Konsel Surunuddin Dangga saat mengecek kesiapan pasukan dari Satuan Polisi Pamong Praja SATPOL-PP Konsel.
Ketgam : Bupati Konsel Surunuddin Dangga saat mengecek kesiapan pasukan dari Satuan Polisi Pamong Praja SATPOL-PP Konsel.

KALOSARA NEWS : Dalam rangka Cipta Kondisi (Cipkon) menghadapi Bulan Suci Ramadhan 1440 H dan pasca Pemilu serentak pemilihan Presiden dan Wapres serta Legislatif Tahun 2019, Pemerintah Daerah (Pemda) bersama Kepolisian Resort Konawe Selatan (Konsel) Gelar Apel Pasukan, Senin (29/4/2019).

Apel gabungan yang di pusatkan di Mapolres Konsel tersebut dipimpin langsung Bupati, H. Surunuddin Dangga, ST.,MM di dampingi Kapolres Konsel, AKBP Dedy Adriyanto, SH., MH, yang turut di hadiri para pimpinan OPD Lingkup Pemda.

Kegiatan ini diselenggarakan untuk mengetahui sejauh mana kesiapan personil, dan  sarana pendukung lainnya agar operasi cipkon dapat berjalan optimal dan berhasil sesuai dengan tujuan serta sarana yang telah ditetapkan.

Bupati Konsel, Surunuddin Dangga dalam arahannya yang membacakan sambutam Kepala Korps Lalu Lintas POLRI, Irjen Pol, Drs. Refdi Andri menjelaskan bahwa sesuai data kasus lantas berupa tilang tahun 2017 sebanyak 833.607 kasus, dan pada tahun 2018 sejumlah 1.243.047 kasus atau ada kenaikan trend (49%) teguran tahun 2017 jumlah 833.607 pelanggaran pada tahun 2018 jumlah 833.607 pelanggaran pada tahun 2017 sejumlah 891.525 pelanggaran atau ada kenaikan trend (7%).

“Jumlah kecelakaan lalu lintas tahun 2017 sejumlah 5556 kejadian, tahun 2018 sejumlah 4906 kejadian atau ada penurunan trend (-26%), Korban meninggal dunia tahun 2017 sejumlah 1605 orang dan pada tahun 2018 sejumlah 1134 orang ada atau ada penurunan trend (-29%),” urai Surunuddin.

Ia juga menjelaskan bahwa untuk korban luka berat tahun 2017 sejumlah 819 orang, pada tahun tahun 2018 sejumlah 542 orang atau ada penurunan trend 34%, dimana korban luka ringan tahun 2017 sejumlah 11.714.125.000 dan pada tahun 2018 9.787.665.000 atau ada penurunan trend  (-16%).

BACA JUGA :   Hadiri Halal Bihalal di Kecamatan Andoolo, Bupati Konsel Janji Jalan Akan Diperbagus

Kita menyadari bahwa dalam mengatasi bidang lantas tersebut, ungkapnya, kita tidak bisa hanya berdiam diri, tetapi wajib melakukan upaya untuk menciptakan pemerintah yang bertanggung jawab yang Membina dan memelihara keselamatan dan ketertiban berlantas sesuai amanat UU No 22 Tahun 2009 tentang lalu lintas angkutan jalan.

” Didalamnya untuk bagaimana mewujudkan memelihara keamanan dan keselamatan kelancaran ketertiban lantas, Meningkatkan keselamatan lantas dan fasilitasi korban laka, Membangun budaya tertib berlalu lintas, Meningkatkan pelayanan pada public,” urai Surunuddin.

Empat poin di atas merupakan hal kompleks dan tidak bisa ditangani oleh Polantas sendiri, sambung Surunuddin, melainkan sinergitas antar pembangun kepentingan, dan pihak pelaksana. Yang mana Polantas memiliki fungsi rekayasa lalin, penegakan hukum Identifikasi dan registrasi  pengemudi dan kendaraan bermotor.

Mencermati hal tersebut di atas, imbuhnya, diharapkan jajaran Polri mampu mempersiapkan langkah-langkah antisipasi baik secara taksis, teknis maupun strategis agar dapat merubah mindset masyarakat menjadi sadar dan taat kepada peraturan lalin, sehingga dengan sendirinya potensi pelanggaran, dan kemacetan serta lakalantas bisa diminimalisir.

Mantan Ketua DPRD Konsel ini juga menjabarkan bahwa keselamatan Tahun 2019 diprioritaskan pada pelanggaran lalin, diantaranya, menindaki penggunaan ponsel saat berkendara, tidak menggunakan subtitle, menurunkan penumpang di jalan tol, melawan arus lalin, mengendarai kendaraan dengan di bawah pengaruh alkohol, peningkatan disiplin anggota Polantas, terwujudnya pelayanan Polantas yang bersih dari KKN, dan terwujudnya masyarakat yang tertib serta patuh hukum dalam berlalin.

“Jadi saya himbau kepada seluruh masyarakat Konsel, untuk mari bersama-sama mendukung program kerja Polri agar lebih modern dan profesional, sekaligus untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat kepada institusi kepolisian,” pungkas Surunuddin.

Tentang Penulis: admin

Gambar Gravatar
PT Kalosara Media Sultra | Penerbit www.kalosaranews.com merupakan anggota Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Sulawesi Tenggara (Sultra) serta tergabung dalam jaringan Siberindo.co