, , ,

Bupati Konsel Serahkan 4.800 Sertifikat Tanah Gratis

Ketgam : Bupati Konawe Selatan (Konsel) H. Surunuddin Dangga di dampingi Wakil Bupati Dr. H. Arsalim Arifin turut di hadiri dan di saksikan langsung oleh Ketua DPRD Konsel Irham Kalenggo saat menyerahkan secara simbolis sertifikat tanah pada warga Konsel/foto : Rj

KALOSARA NEWS : Bupati Konawe Selatan, Surunuddin Dangga menyerahkan sebanyak 4800 sertifikat tanah secara gratis pada 1000 orang warga yang merupakan perwakilan dari 48 desa/lura se-Konsel di Aula Rujab Bupati. Kamis, (27/12/2018).

Surunuddin Dangga menuturkan dengan sertifikat ini telah mendapat kepastian hak dan di akui secara hukum oleh negara sebagai pemilik resmi yang tentu sangat berharga dan memiliki nilai agunan yang tinggi.

“Atas nama pribadi dan Pemda, saya mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada Kanwil BPN Sultra dan BPN Konsel serta pihak terkait atas kerja dan sinergitasnya sehingga kegiatan pembagian sertifikat hari ini dapat terlaksana dengan baik dan lancar,” tuturnya dalam menyampaikan sambutannya.

Mantan Ketua DPRD Konsel ini meminta kepada warga untuk menjaga dan tidak mudah menjual bidang tanah yang telah disertifikat tersebut, karena  menurutnya itu merupakan aset keluarga yang di wariskan turun temurun dalam menjamin kehidupan kedepan yang nilainya akan terus meningkat sejalan perkembangan wilayah.

Selain itu ia juga memerintahkan pemerintah kecamatan dan desa, karena sebagai garda terdepan dalam menjaga aset  untuk sekaligus mendata lahan yang belum bersertifikat untuk di ajukan lagi dengan memprioritaskan bagi warga tidak mampu, karena jatah Pemda semakin bertambah dan program ini terus berlanjut di tahun mendatang.

“Saya juga himbau kepada para camat dan kades untuk menggalakkan tentang pentingnya kesadaran bukti kepemilikan tanah resmi, termasuk mendata ulang bidang tanah dengan menyesuaikan PBB dengan objek pajak sesuai luas bidang tanah dengan yang tertera di sertifikat, agar tidak saling merugikan terkait NJOP kedepan,”  ungkapnya.

Di tempat yang sama, Kepala BPN Konsel Stenley mengatakan, Kementrian ATR memberikan tugas kepada BPN seluruh Indonesia untuk mensertifikatkan sebanyak 5 juta bidang tanah pada tahun 2017 dan memprogramkan 7 juta bidang tanah pada tahun anggaran 2018, termasuk 4.800 sertifikat yang di serahkan Bupati Konsel hari ini.

BACA JUGA :   5 Spot Wisata yang Familiar di Kota Kendari, Masjid Al-Alam Termasuk

“Tentu kegiatan ini tidak bisa berjalan baik jika tidak ada dukungan dan kerjasama dengan pihak DPRD, bubernur, bupati, Forkopimda, camat, lurah dan kepala desa se-Indonesia, kami mengucapkan terima kasih dan apresiasi khususnya kepada bupati dan DPRD Konsel atas dukungan dan kerjasamanya sehingga hari ini kita distribusikan sertifikat kepada 48 desa/kelurahan untuk alokasi anggaran 2018,” kata Stenley.

Stenley  menjelaskan,  terkait kegiatan pelayanan pertanahan di Konsel tahun 2018 telah diperoleh Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB) mencapai Rp 8,3 miliar lebih. Sementara capaian nilai hak tanggungan sebesar Rp 7,5 miliar lebih yang sangat berpotensi untuk menggerakan ekonomi rill khususnya bagi masyarkat wilayah Konsel.

”BPN telah melaksanakan kegiatan pemerdayaan masyarakat dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyakarat di Konsel pasca penertiban sertifikat, yang mana melakukan koordinasi bersama masyarakat dengan pihak berkepentingan termasuk OJK, di antaranya, Pemberian bantuan permodalan, Pendampingan dan  Interkoneksi dengan dunia usaha serta membantu memasarkan hasil produksi,” jelasnya.

Untuk di ketahui, penyerahan sertfikat tanah oleh Bupati Konawe Selatan (Konsel) H. Surunuddin Dangga di dampingi Wakil Bupati  Dr. H. Arsalim Arifin turut di hadiri dan di saksikan langsung oleh Ketua DPRD Konsel Irham Kalenggo, Sekretaris Daerah (Sekda) Ir. Drs. H. Sjarif Sajang, Kapolres Konsel AKBP Dedi Adriyanto, Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Konsel Stenley, SE., MM, dan Perwakilan Kanwil BPN Prov Sultra Made Sumadra serta para pimpinan OPD, Camat, Lurah lingkup Pemda Konsel serta para Kades terkait.

Tentang Penulis: admin

Gambar Gravatar
PT Kalosara Media Sultra | Penerbit www.kalosaranews.com merupakan anggota Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Sulawesi Tenggara (Sultra) serta tergabung dalam jaringan Siberindo.co