Bupati Samsul Ajak Masyarakat Gunakan KB-MKJP

Reporter : Utha | Editor : Rj | Publizher : Iksan

KALOSARA NEWS : Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) menyelenggarakan kegiatan Launching Perencanaan Pelayanan KB Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP), Bupati Kolaka Timur (Koltim) Samsul Bahri Madjid bersama Wakil Bupati, Andy Merya Nur berkesempatan hadir sekaligus membuka kegiatan tersebut, pada Jum’at (05/03/2021).

Kadis Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB), Amiruddin, mengatakan program ini fokus pada pengendalian penduduk agar angka kelahiran anak terkontrol.

“Ini merupakan bagian dari upaya pemerintah mencapai penduduk tumbuh seimbang, dengan rentan kelahiran yang terkontrol, serta menciptakan keluarga sejahtera lahir batin harmonis dengan anak-anak berkualitas,” terangnya di lokasi kegiatan Puskesmas Tirawuta.

Amir merincikan, berdasarkan data capaian per- Desember 2020, capaian DPPKB Koltim mencapai angka 20.494. dengan rincian, IUD Sebanyak 392 akseptor, MOW sebanyak 365 akseptor, MOP sebanyak 221 akseptor, Kondom sebanyak 224, Implan sebanyak 3.305 akseptor, Suntik sebanyak 9.162 akseptor, sedang pil 6.825 akseptor.

Di tempat yang sama, Bupati Koltim, Samsul Bahri Majid menerangkan, Tujuan memanfaatkan metode kontrasepsi jangka panjang (MKJP) ini adalah untuk menekan laju pertumbuhan penduduk atau angka kelahiran yang dinilai tidak sehat bagi sang ibu.

Selain itu disebutkan, Manfaat penggunaan KB – MKJP merupakan metode kontrasepsi yang lebih efektif dibanding alat kontrasepsi Metode Jangka Pendek seperti Pil, Suntik dan Kondom.

” Intinya dari kegiatan ini kita ingin mengedukasi masyarakat khususnya para wanita/ibu rumah tangga, bisa beralih ke metode penggunaan KB – MKJP yang mana Implan atau IUD karena bisa jangka panjang. Bukan untuk melarang mengurangi anak, tetapi untuk menyiapkan generasi yang baik untuk masa yang akan datang,” Terang Bupati Koltim.

BACA JUGA :   Kontes Pemilu, Islam Kembali Digoreng

Turut hadir dalam kesempatan ini, Perwakilak BKKBN Provinsi, Sekda Koltim, Kapolsek Rate-Rate, Danramil 1412 Tirawuta, Camat Tirawuta, beserta OPD Koltim.


 

Tentang Penulis: admin

Gambar Gravatar
PT Kalosara Media Sultra | Penerbit www.kalosaranews.com merupakan anggota Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Sulawesi Tenggara (Sultra) serta tergabung dalam jaringan Siberindo.co