Dekranasda Konawe Gelar Pelatihan Kemasan dan Labeling

Titin Nurbaya Saranani (tengah) saat berfoto bersama dengan Pengrajin anyaman Serat Alam.
Titin Nurbaya Saranani (tengah) saat berfoto bersama dengan Pengrajin anyaman Serat Alam.

KONAWE // Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Konawe menggelar pelatihan kemasan dan labeling serta kerajinan tempurung kelapa, Rabu (27/7/2022) di salah satu hotel di Unaaha.

Pelatihan ini dilaksanakan dari tanggal 27 Juli hingga 29 Juli 2022. Adapun pesertanya adalah palaku UMKM yang terdiri dari 25 peserta yang mengikuti pelatihan kemasan dan labeling dan 25 peserta mengikuti pelatihan kerajinan tempurung kelapa.

Ketua Dekranasda Konawe, Titin Nurbaya Kery Sayful Konggoasa menuturkan, pelatihan ini merupakan program kegiatan Dekranasda Konawe. Program Dekranasda Konawe mengacu pada peningkatan sumber daya manusia (SDM) pengrajin yang berdaya saing; regenerasi pengrajin dalam melestarikan produk kerajinan berbasis lokal sebagai warisan budaya bangsa; pengembangan inovasi dan kreativitas produk kerajinan lokal; pengembangan dan perluasan pasar.

“Jadi, Dekranasda bekerja sama dengan Dinas Perindagkop Kabupaten Konawe mengadakan kegiatan ini untuk meningkatkan kemampuan palaku UMKM di Konawe dalam memanfaatkan produk lokal,” ucapnya di salah satu hotel di Unaaha, Rabu (27/7/2022).

Anggota DPRD Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) itu berpesan agar peserta pelatihan tersebut betul-betul menerima materi. Sehingga, ilmu yang diterima dapat diimplementasikan dalam usahanya demi terciptanya kerajinan daerah yang unggul dan berdaya saing.

“Saya tidak mau kegiatan ini hanya seremoni, tapi ada output yang yang bisa dibawa pulang oleh peserta atau pelaku UMKM,” tutupnya.

error: Hak Cipta dalam Undang-undang