Demokrasi Penggagas UU Bermasalah, Masihkah Terus Berharap Mensejahterakan

Sulastri
Sulastri

Oleh: Sulastri (Pemerhati Masalah Publik)


 

Menjadi penanda usia sudah satu tahun Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin memerintah. Sejumlah produk legislasi berupa undang-undang lahir dalam di tahun pertama pemerintahan Jokowi-Ma’ruf (Kompas.com – 20 /10/2020).

Kompas.com mencatat, setidaknya ada tiga undang-undang kontroversial yang disetujui pemerintah dan DPR meski menimbulkan polemik. Ketiga undang-undang itu adalah revisi UU Mineral dan Batu Bara, revisi UU Mahkamah Konstitusi (MK), Omnibus Law UU Cipta Kerja.

Inilah pil pahit yang harus kembali ditelan oleh masyarakat sebagai hadiah istimewa dihari tepat satu tahun kepemimpinan Jokowi-Makruf Amin. Hal tersebut pun disambut dengan aksi demo dari elemen mahasiswa dari berbagai daerah.

Protes terhadap Omnibus Law RUU Ciptaker juga disuarakan  oleh kelompok gabungan organisasi masyarakat sipil, Fraksi Rakyat Indonesia(FRI), mereka memandang proses penyusunan dan substansi draf Omnibus Law RUU Ciptaker justru mematikan demokrasi. Selain politik, sisi ekonomi, ekologi, dan tatanan hukum juga terabaikan (CNN Indonesia, sabtu 22/02/2020).

BACA JUGA :   Alsurat Kembali Gempur Dugaan Korupsi Sekda Konawe

Tentang Penulis: admin

Gambar Gravatar
PT Kalosara Media Sultra | Penerbit www.kalosaranews.com merupakan anggota Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Sulawesi Tenggara (Sultra) serta tergabung dalam jaringan Siberindo.co