Diganjar Piagam, Koltim Juga Masuk Daerah Terbaik Penyaluran Dana Desa Tahun 2021

Reporter : Utha | Editor : Rj | Publizher : Iksan


Pemerintah daerah Kolaka Timur (Koltim) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) berhasil menuntaskan 100 persen penyaluran Dana Desa (DD) tahun 2020 dengan alokasi dana sebesar Rp96,68 Milyar untuk 117 desa.

 

Atas dedikasi dan kinerja pemda koltim itu Kepala Kantor Perwakilan Perbendaharaan Negara (KPPN) Kolaka memberikan penghargaan piagam penghargaan atas kinerja terbaik penyaluran Dana Desa (DD) Se-Provini Sultra, di aula pemda Koltim, Kamis 25 maret 2021, Pemberian penghargaan ini juga disaksikan Plt Kepala BPKAD Koltim, Aspian Suute dan sejumlah pimpinan OPD.

 

 

Piagam tersebut di terima langsung Plt Sekretaris Daerah (Sekda) Koltim Andi Muh. Ikbal Tongasa (mewakili Plt Bupati Koltim Andi Merya Nur) yang di berikan kepala Kantor Perwakilan Perbendaharaan Negara (KPPN) Kabupaten Kolaka Arief Rohkman.

 

Plt Bupati Koltim, Andi Merya Nur dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Andi Muh Iqbal Tongasa mengapreasiasi kepada dua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yakni Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Koltim dan Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (BPMD) Koltim yang telah membuktikan kinerja pengelolaan keuangan, pelaporan keuangan dan penyaluran Dana Desa (DD) tahun 2020 sehingga pemda mendapat ganjaran piagam penghargaan dari KPPN Kabupaten Kolaka.

“Ini piagam kedua pemda Koltim yang di berikan KPPN Kolaka. Ini semua tak lepas dari kinerja dua OPD tersebut yang dengan maksimal menjalankan tugasnya, dalam pengelolaan dan penyaluran dana desa secara tertib, cepat, tepat, transparan dan akuntabel sesuai peraturan yang berlaku, apresiasi juga diberikan kepada Kementrian Keuangan cq Ditjen Perbendaharaan termaksud Kantor Perwakilan Perbendaharaan Negara Kabupaten Kolaka. Penghargaan ini, menjadi motivasi bagi kita semua dalam rangka penyaluran dana desa, sehingga dapat memberikan manfaat ekonomi khususnya masyarakat desa. Dan dalam rangka penanganan pandemi Covid-19” kata Ikbal.

BACA JUGA :   Gubernur Sultra Dibuat Malu oleh OPD-nya

 

 

Ia menambahkan, penghargaan ini tak lepas dari peran KPPN Kolaka yang selalu memberikan bimbingan, motivasi dan masukan kepada pemda Koltim dalam melaksanakan pengelolaan, penyaluran dana desa, demikian dengan memaksimalkan anggaran Covid 19 di tiap desa agar tepat sasaran.

 

“Ini akan menjadi momentum yang baik bagi pemerintah daerah, terima-kasih atas segala bimbingannya dari KPPN Kolaka,” terang Ikbal.

 

Di tempat yang sama Kepala KPPN Kolaka, Arief Rokhman menyampaikan bahwa alokasi dana untuk dana desa Tahun 2020 di Koltim mencapai Rp96,68 Miliar. Dana tersebut tuntas tersealisasi 100 persen ke 117 desa. Baiknya, penyaluran DD ke tiap desa selalu tepat waktu, mulai dari tahap pertama, kedua dan ketiga.

 

Atas capaian dan kinerja tersebut Pemda Koltim menjadi daerah terbaik se Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra). Dengan keberhasilan penyaluran 100 persen tepat waktu itu, tentunya akan meningkatkan perhitungan dana insentif daerah untuk pemerintah Koltim, itu karena DD juga merupakan bagian dari Anggaran Pemasukan Belanja Daerah (APBD)

 

Arief juga membeberkan, bahwa Koltim masuk dalam jajaran 50 Kabupaten kota terbaik dalam penyaluran Dana Desa tahap pertama tahun 2021 ini. Hal itu menurut Arif adalah langkah positif untuk pemda di masa new normal sekarang.

 

“Melalui Kementerian Keuangan cq Ditjen Perbendaharaan, berharap kinerja yang baik tersebut, dapat dipertahankan dan bahkan ditingkatkan di masa mendatang, sehingga Koltim bisa bersaing dengan kabupaten lain di tingkat nasional,” tutur Arief.


 

Tentang Penulis: admin

Gambar Gravatar
PT Kalosara Media Sultra | Penerbit www.kalosaranews.com merupakan anggota Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Sulawesi Tenggara (Sultra) serta tergabung dalam jaringan Siberindo.co