, ,

Dilema Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ), Hak Pendidikan dan Risiko Kesehatan

#Wulan Amalia Putri, S.S.T.
#Wulan Amalia Putri, S.S.T.

Oleh: Wulan Amalia Putri, S.S.T. (Pemerhati Masalah Sosial)


Selama pandemi, dunia pendidikan menjadi salah satu sorotan publik. Melibatkan anak-anak, banyak kekhawatiran yang terjadi karena sebaran virus corona yang semakin luas. Di sisi lain, pendidikan juga tetap harus diterima oleh generasi bangsa. Berbagai solusi pun ditempuh untuk menghempas kekhawatiran namun memenuhi mutu pendidikan.

Menteri Pendidikan, Nadiem Makarim, dinilai sejumlah pihak, sering kali mengeluarkan kebijakan yang tak sesuai aturan. Wakil Komisi X DPR RI, Agustina Wilujeng, meminta agar Kemendikbud harus menyegerakan regulasi agar tidak melanggar UU. “Kemendikbud harus terbitkan regulasi sesuai hierarki, bukan dalam bentuk Surat Edaran. SE dikeluhkan. Jika guru melakukan pelanggaran dari UU sebelumnya, tetapkan pelanggaran yang tak bisa dimaafkan,” katanya. (tirto.id,28/8/2020)

Pembelaran Jarak Jauh (PJJ) pun menuai kontroversi. Meskipun, kebijakan untuk tetap melakukan pembelajaran jarak jauh ini menjawab kekhawatiran penyebaran Covid pada sekolah tatap muka. Seperti diketahui, karena kebijakan sekolah tatap muka, diduga klaster baru covid tercipta. Ketua Komisi X DPR RI, Syaiful Huda, menyebut ada sekitar 53 guru positif COVID-19 saat pendidikan tatap muka di zona kuning.

 

Terkendala Fasilitas Pendidikan

Tak dapat dipungkiri bahwa ketakutan akan penyebaran COVID-19 masih terus dirasakan oleh masyarakat. Kebijakan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) bisa saja menjadi solusi bagi masalah pendidikan di tengah pandemi seperti saat ini.

Namun, kebijakan PJJ yang dikelurkan Kemendikbud juga tak lepas dari evaluasi. Perihal survei PJJ misalnya, dianggap tidak dapat menggambarkan kondisi lapangan yang sesungguhnya. Karena, jumlah responden yang disurvei kurang dari 1 persen. Diharapkan, survei seperti ini dapat diperbaiki ke depannya.

BACA JUGA :   Counter Prostitusi di Kendari dengan Sosialisasi Reproduksi Aman, Solutifkah?

Tentang Penulis: admin

Gambar Gravatar
PT Kalosara Media Sultra | Penerbit www.kalosaranews.com merupakan anggota Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Sulawesi Tenggara (Sultra) serta tergabung dalam jaringan Siberindo.co