Dinas Pangan Koltim Latih Emak-Emak Olah Sayuran Jadi Cemilan


KALOSARA NEWS  – Dinas Pangan Kabupaten Kolaka Timur (Koltim) provinsi sulawesi tenggara (Sultra) melatih emak-emak yang tergabung dalam Kelompok Wanita Tani (KWT) mengolah bahan buah dan sayur menjadi makanan ringan bergizi.

Hasil dari olahan sayuran menjadi makanan ringan tersebut dapat menjadi pemasukan tambahan KWT. Kegiatan ini merupakan salah satu program dari Pangan Lestari dalam memanfaatkan pekarangan rumah menjadi lahan berkebun sayur dan buah.

“Selain memanfaatkan lahan pekarangan, kami mengajarkan mengolah sayuran untuk di jadikan cemilan, ini salah satu usaha dalam meningkatkan perekonomian masyarakat dalam Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), di masa pandemi covid-19,” Kata Idarwaty Kepala Dinas Pangan Koltim.

Karena kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan pendapatan masyarakat yang tergabung dalam KWT, maka dinas pangan koltim juga mengajarkan strategi pemasaran dan cara pengepakan makanan.

Untuk mendukung terciptanya makanan berimbang, dinas pangan memiliki tim konsumsi dan keanekaragaman pangan yang salah satu fungsinya mengolah beragam pangan yang memiliki nilai gizi tinggi, berimbang dan aman.

” Tim ini memiliki kemampuan mengolah semua jenis makanan ini supaya bisa tercapai kebutuhan masyarakat kita dalam sumber kalori, protein, energi dan mineral,” terang Idarwaty.


 

BACA JUGA :   Jokowi Batal ke Konawe Selatan