Dinas Pertanian Siapkan Bibit Sorgum untuk Di Kembangkan

KALOSARA NEWS – Pemerintah daerah kolaka timur melalui Dinas Pertanian, Tanaman Pangan dan Peternakan Kabupaten Kolaka Timur (Koltim) Sulawesi Tenggara (Sultra) mulai serius mengembangkan tanaman sorgum di wilayahnya.

Buktinya tahun ini dinas tersebut menyiapkan anggaran pengadaan bibit sorgum untuk di kembangkan para petani koltim.

Meski telah di anggaran, rupanya hingga kini anggaran tersebut belum juga di gunakan, hal ini karena tidak adanya kelompok tani yang mengajukan proposal permintaan bibit sorgum.

Menurut Hamdi, kadis pertanian, tanaman pangan dan perikanan koltim, pihaknya akan menggunakan anggaran tersebut jika masyarakat atau kelompok tani mengajukan permintaan bibit.

” Sudah ada anggaranya, tapi belum ada kelompok tani yang datang mengajukan proposal. Kami tidak akan menyiapkan bibit sorgum jika belum ada kelompok tani yang berminat, karena takut nantinya bibit ini mubazir dan tidak di gunakan,” kata Hamdi, Kadis Pertanian, Tanaman Pangan dan Peternakan Koltim, rabu 25/08/2021.

Sebelumnya pada tahun 2020 lalu, tanaman yang mampu hidup di cuaca tandus ini sempat booming di masa itu, hingga beberapa masyarakat di dua kecamatan antaranya Tinondo dan Lambandia melakukan penanaman sorgum. ” Jika berminta untuk mengembangkan tanaman sorgum ini, silahkan datang ke kantor, kami akan bantu pengurusannya. Untuk bibit sorgum, kami sudah ada penyedia, ” terang Hamdi.Hamdi, Kadis Pertanian, tanaman pangan dan peternakan koltim

BACA JUGA :   Pembuangan Bayi Merajalela, Salah Siapa?