Ragam  

Dinas Peternakan Disinyalir Kebiri Kegiatan KTNA Konawe

Ketua KTNA Kec. Anggaberi Alimudin Lapae

KONAWE – KALOSARA NEWS.COM – Dinas Peternakan Kabupaten Konawe,Sultra diduga kuat telah mengkebiri kegiatan Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Kabupaten Konawe. Kegiatan yang diduga telah dikebiri oleh dinas tersebut yakni, kegiatan perjalan petani mengikuti Pekan Nasional KTNA Se-Indonesia yang akan disilenggarakan di Provinsi Banda Aceh pada tanggal (06/05/2017 hingga (11/05/2017).

Ketua KTNA Kec.Anggaberi Alimudin Lapae menuturkan, hingga saat ini dinas terkait belum ada kordinas kepada pengurus KTNA Cabang konawe terkait orang-orang yang akan diberangkatkan mengikuti kegitan tersebut.

Dijelaskannya Alimudin, dalam aturan main, dari anggaran perjalanan 100 juta itu akan diikuti oleh delapan orang peserta 70 persen dari petani 30 persen dari dinas terkait, itu pun sebagai pendamping kegiatan. Dari anggaran tersebut akan diberangkatkan delapan orang yang teridiri dari dua orang pendamping dan enam orang pelaku utama (petani).

Alimudin menilai, perekrutan peserta yang akan mengikuti Penas KTNA mayoritas staf dinas peternakan, bukan para petani yang seharusnya mengikuti kegiatan tersebut. Sementara itu kegiatan tersebut murni kegiatan KTNA konawe hanya saja anggarannya dititipkan pada di Dinas Peternakan konawe.

“satu dinas ini disana akan kacau, karena mereka tidak tau agenda, temu wicara presiden, kementrian dan agenda lainnya, sementara

dua dinas telah menyerahkan sepenuhnya untuk melakukan perekrutan petani yang akan mengikuti kegiatan, ” tutur alimudin dipelataran Kantor DPRD konawe jum’at (28/04/2017)

Kata alimudin, Dinas Peternakan sangat beda dengan Dinas Ketahanan Pangan dan Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Perkebunan,. Kedua dinas itu telah menyerahkan sepenuhnya kepada KTNA konawe dalam perekrutan petani yang akan mengikuti Penas KTNA Se-Indonesia.

Kegiatan PENAS KTNA bukan ajang untuk plesiran tetapi ajang petani untuk mendapatkan pengetahuan dan wawasan baru dibidang tekhnologi pertanian termasuk menampilkan produk daerah dan nilai-nilai budaya yang ada di daerah masing-masing, jelasnya.

Tahun ini KTNA kabupaten konawe mendapat kucuran dana sebesar 500 juta yang bersumber dari dana aspirasi DPRD konawe. Anggaran 500 juta ini dititip kepada tiga dinas di Kabupaten Konawe, yakni Dinas Tanaman Pangan,Holtikultura dan Perkebunan sebanyak 300 juta, Dinas Ketahanan Pangan sebanyak 100 juta dan Dinas Peternakan 100 juta.

Hingga berita ini diterbitkan dinas terkait belum memberikan hak jawab terkait berita tersebut

Reporter Nas
Editor : Randa

error: Hak Cipta dalam Undang-undang