Ragam  

Dinkes Koltim Deteksi Dini Penyakit Tidak Menular

KABUPATEN KOLAKA TIMUR-SULAWESI TENGGARA

KALOSARA NEWS : Dinas Kesehatan Kolaka Timur, melalui Bidang dan Seksi Penyakit tidak Menular (PTM) menggelar sosialisasi Pos pembinaan Terpadu Penyakit tidak Menular (Posbindu).

Kegiatan yang di buka oleh Kepala Dinas Kesehatan tersebut dipusatkan di aula Kantor Desa Lalingato, Kecamatan Tirawuta, Kabupaten Kolaka Timur pada hari Sabtu, (04/11/2017).

 Ketgam : Kepala Dinas Kesehatan Kolaka Timur Hanari saat menyampaikan sambutannya pada acara Sosialisasi Pos pembinaan Terpadu Penyakit tidak Menular (Posbindu)./Foto : Irwandar Kalosara News
Ketgam : Kepala Dinas Kesehatan Kolaka Timur Hanari saat menyampaikan sambutannya pada acara Sosialisasi Pos pembinaan Terpadu Penyakit tidak Menular (Posbindu)./Foto : Irwandar Kalosara News

Kepala Dinkes Koltim Hanari  dalam sambutannya menuturkan, pihaknya sangat merespon adanya masyarakat yang mengidap penyakit tidak menular. Kata Hanari penyakit yang tidak menular yakni,  jantung,diabetes, kanker, hipertensi serta gangguan jiwa.  Dikatakannya, penyakit ini masih menjadi ancaman masyarakat dan bisa mengakibatkan kematian.

“Saya berharap para programer nantinya mempunyai kemampuan untuk mencegah dan mendeteksi secara dini faktor penyakit tidak menular, dengan upaya  untuk mengindentifikasi penyakit tidak menular,” Sambut Hanari yang Sabtu (04/11/2017).

Hal senada juga disampaikan oleh Pelaksana Tugas (PLT) Kepala Seksi PKM Dinas Kesehatan Koltim.  Agusman menuturkan, sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada tenaga medis di puskesmas-puskesmas terkait penyakit tidak menular.

Kata Agusma, kegiatan ini berlangsung selama satu hari dengan narasumber dari Dinas Kesehatan Provinsi dan Kab Koltim, adapun peserta sosialisasi ini berasal dari puskesmas

Agusman menuturkan, untuk Kolaka Timur kebanyakan  masyarakat terserang penyakit hipertensi atau tekanan darah tinggi,

Jadi sosialisasi ini berupa deteksi awal terhadap penyakit tidak menular, nantinya kata Agusma akan di bentuk POSBINDU di masing masing desa sehingga masyarakat bisa datang memeriksa kesehatab baik yang sehat maupun yang sudah terserang penyakit tidak menular tersebut.

Reporter : Irwandar

Editor : Redaksi

error: Hak Cipta dalam Undang-undang