DTPP Sultra, Optimis Program Upsus Siwab 2019 Tercapai

KALOSARA NEWS : Dinas Tanaman Pangan dan Peternakan (DTPP) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) optimis jika tahun 2019 mendatang Program Nasional Upaya khusus Sapi indukan Wajib Bunting (Upsus Siwab) akan tercepai sesuai dengan rencana di Sultra.  

Kepala Bidang (Kabid) Peternakan, Rahmad Hardiono menuturkan Upsus Siwab merupakan program pemerintah pusat pada tahun 2017 lalu, program itu upaya pemerintah dalam meningkatkan kelahiran ternak sapi potong melalui perkawinan.

“Adapun cara dalam meningkatkan populasi kelahiran ternak sapi ini,  yakni melalui perkawinan inseminasi buatan atau (IB) sebagai primadona bagi peternak agar menghasilkan anak sapi yang nantinya akan berpenampilan menarik, baik dari segi warna, bentuk tubuh dan berat badan, sehingga memberikan nilai jual yang lebih tinggi dari harga sapi lokal,” tutur Rahmad. Jumat, (23/11/2018).

Ketgam : Kepala Bidang (Kabid) Peternakan, Rahmad Hardiono

Selain itu, kata Rahmad, perkembangan Upsus Siwab  untuk di Sultra berjalan dengan cukup bagus, namun terdapat kendala yang dialami selama program  berjalan yaitu, peternakan sapi lokal yang sulit di kendalikan.

“Adapun kendalanya itu biasanya peternak lokal suka melepas sapinya, sehingga agak sulit di ketahui kondisinya, berbeda dengan peternak transmigran peternak sapi yang di kandangkan supaya dapat di ketahui kondisinya jika mau kawin,” katanya.

Dengan itu,  ia berharap, program tersebut, para peternak sapi  bisa menyukseskan program yang sudah dijalankan dan disosialisasikan selama ini.

“Tahun 2019  program Upsus Siwab ditarget sebanyak 15.500 ekor, sedangkan untuk tahun 2018 ini targetnya sudah melebihi,”tutupnya.

BACA JUGA :   Bencana Alam Melanda, Islam Solusinya

Tentang Penulis: admin

Gambar Gravatar
PT Kalosara Media Sultra | Penerbit www.kalosaranews.com merupakan anggota Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Sulawesi Tenggara (Sultra) serta tergabung dalam jaringan Siberindo.co