Eksotisme Air Terjun Larowiu

–Sebuah Potensi Wisata di Pegunungan Meluhu

Oleh : Dedy Finafiskar

Air terjun Larowiu masih “perawan”.Dinas Pariwisata Kabupaten Konawe dan masyarakat di sekitarnya belum mengeksploitasi kawasan tersebut menjadi objek wisata. Suasananya begitu alami tanpa sentuhan tangan manusia pada tekstur alamnya. Hanya beberapa orang pecinta alam yang sempat menelusuri lokasi tersebut. Sangat eksotis. Airnya terasa dingin sedingin es.

Meskipun terik mentari menghadang, namun dingin air di Sungai Larowiu masih sangat terasa. Sungguh fantastik dan begitu memukau.Salah satu pesona yang memberikan kesegaran jika berada di wisata tersebut. Larowiu dan airnya yang segar itu membawa kebersihan diri dan kesejukan bagi siapa saja yang merasakannya. Pemandangan alamnya yang begitu spektakuler.

Deras aliran air terus menerus meluncur tanpa henti, membentuk kolam air yang tenang dan berlanjut mengaliri sungai hingga mengairi persawahan penduduk. Kolam inilah yang menawarkan kesegaran khas Air terjun Larowiu itu. Orang-orang dapat bermain air dan mandi di sana dengan asyiknya.

Untuk mencapai air terjun ini harus butuh tenaga ekstra, karena medan yang menanjak dan jalan yang sempit serta licin. Wajar saja, sebab Air Terjun Larowiu memang masih alami.

Pengunjung harus berjalan kaki melewati bebatuan, tangga manual, hingga menyusuri sungai di dalam hutan untuk mencapainya. Namun, Anda tak perlu khawatir. Rasa lelah setelah berjalan kaki sejauh sekitar 1 kilometer akan terobati setelah sampai di bawah air terjun.

Ya, selain indah, air terjun setinggi sekitar 40 meter ini memang benar-benar masih perawan dan sangat alami, karena belum terlalu banyak tangan manusia yang menjamah dan mengotorinya. Air terjun tersebut berlokasi di Desa larowiu Kecamatan Meluhu Kabupaten Konawe.

Meskipun lokasinya terbilang jauh, air terjun ini selalu dikujungi pada setiap akhir pekan oleh sekelompok penantang alam. Anda bisa mencoba trekking disini.

BACA JUGA :   WASPADA,. .! DBD MEWABAH DI KONAWE

Pendakian akan terasa sulit karena medannya yang menajak dan berkelok-kelok. Namun, udara sejuk khas pengununangan akan membuat kegiatan trekking Anda semakin menyenangkan. Jika anda telah sampai di air terjun tingkat pertama maka pemandangan hijau menyejukkan mata pun akan disuguhkan kepada Anda.

Kurang lengkap jika hanya sampai ditingkat pertama yang tingginya hanya sekitar 10 meter saja, karena “surga” air terjun Larowiu berada di tingkat kedua. Semua pengunjung selalu menuju tingkat kedua yang mempunyai ketingginan sekitar 40 meter, ditambah lagi berdekatan dengan tingkat ketiga yang tingginya sekitar 8 meter.

Tentang Penulis: admin

Gambar Gravatar
PT Kalosara Media Sultra | Penerbit www.kalosaranews.com merupakan anggota Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Sulawesi Tenggara (Sultra) serta tergabung dalam jaringan Siberindo.co