Ekspor Mete Strategis, Untung  atau Buntung?

Juwita Rasnur

oleh: Juwita Rasnur, S.T.

Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra), Ali Mazi melepas ekspor hasil pertanian biji  mete ke negara tujuan, yakni Vietman sebanyak 48 ton dengan nilai sekitar Rp 939 juta.“Hari ini kita melepas ekspor mete ke Vietnam sebanyak tiga kontainer,” kata Ali Mazi, Jum’at (15/1/2021).

Saat melepas ekspor melalui pelabuhan Pelindo Kendari, Gubernur Ali Mazi mengungkapkan, ekspor komoditas pertanian kali ini merupakan bentuk nyata kegiatan sektor pertanian yang dilakukan guna mendukung perekonomian.“Masih banyak lagi mete-mete lain yang ada di kabupaten lain. Semoga ekspor kali ini membuat petani yang ada di kabupaten dapat terpacu untuk mengikuti jejak Buton Utara,” terangnya.

Lebih lanjut, Ali Mazi menyampaikan dukungannya terkait pengembangan komoditas mete yang banyak dihasilkan dari para petani di 17 kabupaten/kota se-Sultra, “Kegiatan pangan seperti ini harus diakselerasi. Ini tidak boleh berhenti, harus jalan terus, mete mempunyai nilai strategis maka dari itu mete harus diperkuat lagi menjadi konsentrasi,“ harap Ali Mazi. (Telisik.id, 22/01/2021)

Ketua Umum Permetin, Loddy Gunadi mengatakan komoditas kacang mete selama ini kurang diperhatikan, padahal mete merupakan produk yang cukup seksi bagi industri dalam negeri. Kebutuhan raw material atau mete mentah untuk diolah industri yakni sekitar 120.000 ton/tahun saat ini, tetapi panen mete hanya mampu memproduksi sekitar 100.000 ton/tahun, yang 50% di antaranya dijual langsung ke luar negeri terutama ke India dan Vietnam. Padahal India kini sudah mampu memproduksi mete mentah hingga 700.000 ton/tahun. (Bisnis.com, 22/01/2021)

Kegiatan ekspor memang menggiurkan. lihat saja angkanya Hingga semester I-2019, ekspor mete Indonesia mencapai sebesar USD51,6 juta atau meningkat dibandingkan periode yang sama 2018 sebanyak USD13,3 juta. Peningkatan nilai ekspor juga diikuti oleh volume ekspornya di mana terjadi peningkatan sebesar 74,8% yaitu dari 9,4 ribu ton pada semester I-2018 menjadi 16,4 ribu ton pada periode yang sama tahun 2019. (ekonomy.okezone.com, 22/01/2021)

BACA JUGA :   Kerukunan Keluarga Sultra Beri Bantuan Kepada Korban Banjir di Konawe

Tentang Penulis: admin

Gambar Gravatar
PT Kalosara Media Sultra | Penerbit www.kalosaranews.com merupakan anggota Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Sulawesi Tenggara (Sultra) serta tergabung dalam jaringan Siberindo.co