, , ,

Festival Seni,Kuliner dan Drama Meriahkan Hari Ibu WBP Wanita Rutan Kolaka

Ketgam : Warga Binaan saat memperingati Hari ibu di Rutan Kelas II B Kolaka

KALOSARA NEWS : Ada sekitar 19 wanita Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) yang  mendekam dibalik jeruji besi Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Kolaka. Mendengar istilah jeruji besi yang terlintas dibenak masyarakat adalah sebuah ruangan sempit yang membatasi ruang gerak dan aktivitas pada warganya.

Meski mereka menyandang sebagai WBP, namun semangat mereka untuk terus berkarya tidak surut. Contohnya, pada peringatan Hari Ibu ke-90 tanggal 22 Desember 2018 WBP Wanita Rutan Kolaka menampilkan festival seni dan kuliner. Mulai dari makanan tradisional hingga modern ditampilkan oleh sang wanita-wanita tegar tersebut.

Kepala Rutan Kolaka Abas Ruchandar melalui Kepala Subseksi Pelayanan Tahanan Sri Ika Andhayani mengatakan jeruji besi tidak membatasi sang wanita tegar dalam berkarya.“Kami selalu memberikan pembinaan sehingga mereka bisa terus berkarya walaupun ditempat seperti ini,”ujar Ika, Sabtu (22/12/2018).

Pada kesempatan itu, kata Ika WBP wanita yang ada dibalik jeruji besi rutan Kolaka juga menampilkan drama tentang peran ibu. “Drama ini menyimpan pesan kepada seluruh masyarakat untuk terus menghargai dan menyayangi orang tua mereka khususnya Ibu yang selalu berjuang demi anak-anaknya,” katanya  sembari menyebut jika WBP wanita ini merupakan bimbingannya.

Pada era emansipasi ini, menurut Ika, kaum Wanita mulai meretas karir untuk meningkatkan kualitas dan kemampuan diri demi masa depan. “Namun terkadang perempuan pun tak bisa lepas dari sebuah jeratan hukum,sosok yang semestinya dikasihi dan disayangi tetap harus berada dibalik jeruji besi jika dia melakukan pelanggaran hukum,” menurutnya.

Ika berharap dalam rangka hari ibu ini, kaum pria menjadikan mereka ratu dalam sehari. “Hari ibu adalah hari dimana diperingati tentang peran seorang ibu dan pada hari itu ibu dibebas tugaskan dari kewajibannya sehari-hari sehingga mereka merasakan menjadi ratu dalam sehari. Selamat hari ibu buat ibu-ibu hebat diseluruh Indonesia,” tutup Ika.

Tentang Penulis: admin

Gambar Gravatar
PT Kalosara Media Sultra | Penerbit www.kalosaranews.com merupakan anggota Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Sulawesi Tenggara (Sultra) serta tergabung dalam jaringan Siberindo.co