Sawit Mengancam Budidaya Sagu di Konawe

KONAWE – kalosaranews.com , – Kebaradaan hutan sagu di Kabupaten Konawe pada umumnya sangat berlimpah. Tetapi hingga kini belum dikelola dengan baik, masyarakat hanya memanfaatkannya untuk memenuhi kebutuhan pangan lokal, tapi lambat laun hutan sagu mulai dikurangi.

Untuk mengantisifasi hal ini, beberapa waktu lalu tim Organisasi Pangan dan Pertanian Food and Agriculture Organization (FAO) melakukan peninjaun di Konawe guna melakukan pembudidayaan sagu.

Kepala Badan Penyuluh Pertanian, Perikanan, dan Pangan (BP4K) Kabupaten Konawe, Muhammad Akbar, mengatakan kedatangan tim konsultan FAO untuk memberikan sosialisasi mengenai pembudidayaan sagu. Karena selama ini masyarakat Konawe mengolah sagu masih bergantung kepada tanaman sagu yang tumbuh liar di areal lahan miliknya.

“Masyarakat belum terpikiran membudidayakan tanaman sagu tersebut, karena selama ini sagu-sagu hanya tumbuh liar di daerah-daerah rawa dan masyarakat tinggal mengelolahnya,” jelasnya

BACA JUGA :   Neraca Dagang RI Diprediksi Surplus US$ 8,87 Miliar di 2016

Tentang Penulis: admin

Gambar Gravatar
PT Kalosara Media Sultra | Penerbit www.kalosaranews.com merupakan anggota Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Sulawesi Tenggara (Sultra) serta tergabung dalam jaringan Siberindo.co