GELAR PRA MUSRENBANG, SKPD DI KONAWE USULKAN 1.373 PROGRAM PRIORITAS

Kery Saiful Konggoasa
Kery Saiful Konggoasa

Lenterasultra.com-(Unaaha)- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe mengusulkan sebanyak 1.373 program yang akan dikerjakan di tahun anggaran 2016 ini. Program tersebut merupakan hasil pra musrenbang yang digelar, Senin (28/3/2015) di Kantor Bappeda Konawe. Dipimpin langsung Bupati, Kery Saiful Konggoasa.
“Tidak semua akan terakomodir. Akan kita lihat yang menjadi skala prioritas sesuai kebutuhan masyarakat,”paparnya.

Menurut Kery, dari 1.373 program yang diusulkan kecamatan hingga SKPD ditotal senilai Rp. 1 triliun. Dan hal ini masih sesuai dengan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) tahun ini Rp. 1,3 triliun. Sehingga cukup untuk merealisasi anggaran itu.

Ia berharap, sejumlah program yang diusulkan bisa memenuhi kebuhutan dan kesejahteraan masyarakat. Dan juga yang terpenting dapat berorientasi terhadap peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) di tahun 2017 mendatang.

“Kita masih bisa tingkatkan PAD. Terget itu juga menjadi salah satu dari prioritas kami,” tukasnya.

Sementara Kepala Bappeda Konawe,  Firdaus P. Raha menuturkan, sebanyak 28 kecamatan telah melaporkan usulannya.
“Usulan tersebut akan kami peta-petakan, sesuai dengan SKPD yang akan menanganinya. Misalnya usulan jalan usaha tani, tentu akan diserahkan ke dinas Pertanian,” jelasnya.

Firdaus menerangkan, kemungkinan besarnya masih banyak dari usulan tersebut yang akan dicoret. Namun pencoretan itu tidak serta merta dilakukan sepihak oleh SKPD yang menjadi gaweannya. Pencoretan harus tetap melibatkan para camat.

“Usulan yang akan kami utamakan adalah yang prioritas, tidak tumpang tindih dengan program lain, tidak berulang dan bagaimana lokasinya. Semua ini kami akan persiapkan untuk penganggaran 2017 mendatang.

Penulis: Pey Bioni

By Edit

BACA JUGA :   Layout Lokasi Kunker Jokowi di Konsel Telah Dirancang

Tentang Penulis: admin

Gambar Gravatar
PT Kalosara Media Sultra | Penerbit www.kalosaranews.com merupakan anggota Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Sulawesi Tenggara (Sultra) serta tergabung dalam jaringan Siberindo.co