Gurita Narkoba di Lapas Kendari, Islam Solusinya

Oleh: Siti Hartanti (Mahasiswi)


Peredaran narkoba kian merajalela. Problem ini seakan menjadi kasus abadi yang tak kunjung menemukan solusi yang tuntas hingga kini. Pasalnya, sejumlah upaya penanganan dari pihak berwenang seolah tak ada hasil yang signifikan, bahkan membuktikan belum adanya pengurangan angka pengguna, maupun pengedar. Yang terjadi justru bertambah tiap tahunnya, pengedar narkoba datang dari berbagai kalangan. Mirisnya, peredaran narkoba malah marak terjadi di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) dan melibatkan oknum aparat penegak hukum.

Dilansir dari kompas.id, Aparat Polres Kendari menangkap dua pengedar sabu di dua tempat berbeda, di Kendari, Sulawesi Tenggara, seperti diperlihatkan pada Sabtu (8/2/2020). Pada pertengahan 2019, KA, seorang sipir Lapas Kelas IIA Kendari, ditangkap petugas BNNP Sultra karena kepemilikan sabu. Pelaku juga disebutkan menjadi pemasok sabu ke dalam lapas tempatnya bekerja.

Pada Januari lalu, Polda Sultra bahkan menangkap seorang pegawai negeri sipil (PNS) Balai Pemasyarakatan yang ketahuan memiliki sabu seberat 34,23 gram. LU (35), pegawai itu, mengaku dikoordinasi oleh seorang narapidana di lapas.

Kasus narapidana yang mengendalikan peredaran narkotika dari dalam lapas bukan merupakan hal baru di Kendari. Catatan Kompas, kurang dari dua bulan terakhir, telah ada lima kasus peredaran narkotika yang terungkap dan melibatkan narapidana sebagai pengendali. Selain ditangani Polres Kendari, sejumlah kasus ini diungkap oleh Direktorat Reserse Narkoba Polda Sultra hingga Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Sultra.

Meski upaya penyelidikan dan penanganan telah dilakukan oleh pihak Lapas Kendari, namun sejumlah fakta tersebut menunjukkan peredaran narkotika dari Lapas Kendari belum terbendung. Jumlah narapidana di Lapas Kelas II A Kendari sebanyak 480 orang. Sebanyak 291 orang di antaranya atau 60 persen merupakan tahanan kasus narkoba. Selebihnya adalah tahanan kasus korupsi dan kasus umum.

BACA JUGA :   Pemda Konawe Tutup Tahun 2018 dengan Dzikir dan Tablik Akbar

Tentang Penulis: admin

Gambar Gravatar
PT Kalosara Media Sultra | Penerbit www.kalosaranews.com merupakan anggota Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Sulawesi Tenggara (Sultra) serta tergabung dalam jaringan Siberindo.co