,

Habis Kiki Challenge, Muncul Momo Challenge

Oleh : Mariana, S.Sos (Guru SMPS Antam Pomalaa-Kolaka)
Oleh : Mariana, S.Sos (Guru SMPS Antam Pomalaa-Kolaka)

OPINI, – Setelah tarian Keke Challenge viral mendunia, kini giliran Momo Challenge yang menghantui dunia digital WhatsApp. Sebagiamana keke challenge yang banyak menuai kontroversi karena bahaya yang ditimbulkan, momo challenge pun mendapat perhatian dari masyarakat karena efeknya dapat mengancam keselamatan jiwa anak.

Dilaporkan Heavy, seorang remaja 12 tahun asal Escobar, Buenos Aires, Argentina tewas bunuh diri setelah mengikuti tantangan Momo Challenge.

Bocah itu dikabarkan mengakhiri hidupnya dengan gantung diri di atas pohon yang berada di halaman belakang rumah. Pihak berwenang menyebutkan bahwa sebelum meninggal, remaja nahas itu merekam seluruh percakapan teleponnya dengan seorang remaja berusia 18 tahun yang diduga berkaitan dengan tantangan ini.

Pihak kepolisisan juga menduga bahwa remaja bersangkutan bermaksud mengunggah video bunuh dirinya ke media sosial sebagai bagian dari permainan Momo Challenge (CNN Indonesia, Selasa, 07/08/2018 ).

Apa itu Momo Challenge?

Momo Challenge adalah tantangan yang mengajak peserta untuk mengikuti sebuah permainan. Tantangan ini dimulai ketika peserta menghubungi kontak Momo di platform WhatsApp.

Setelah terhubung, Momo bakal meminta peserta tantangan untuk melakukan tindakan yang justru menyakiti diri sendiri atau orang terdekat, bahkan tantangan ini bisa menjurus pada seruan untuk bunuh diri.

Unit Investigasi Kajahatan Komputer meksiko menyebutkan bahwa penyebaran permainan ini berawal dari facebook, di mana sejumlah anggotanya berkomunikasi dengan orang tak dikenal via whatsApp.

Peserta Momo Challenge melaporkan bahwa dalam tantangan itu, Momo bakal mengirimkan gambar dengan beberapa arahan berbau kekerasan. Jika peserta tantangan tak mengikuti perintah permainan itu, mereka bakal mendapat ancaman yang menakutkan.

The Sun menuliskan bahwa Momo berasal dari nama akun media sosial yang ada di whatsApp, Facebook, dan YouTube. Sosoknya digambarkan sebagai patung wanita burung dengan wajah menyeramkan, mata terbelalak seperti monster, senyuman garing  dan rambut kusut yang panjang serta dibiarkan terurai.

BACA JUGA :   Kado Pahit Umat Di Awal 2020

Menurut beberapa sumber  Avatar momo merupakan karya seniman jepang Midori Hayasi tapi ada sumber lain yang menyebut bahwa avatar momo  adalah buatan Link Factory, sebuah perusahaan efek khusus di jepang, namun demikan keduanya tidak berkaitan dengan kasus Momo Challenge, hanya gambar karyanya yang dimanfaatkan oleh orang yang tak bertanggungjawab. Selain membahayakn keselamatan jiwa, Momo Challenge juga mengancam bocornya data diri pengguna.

Tentang Penulis: admin

Gambar Gravatar
PT Kalosara Media Sultra | Penerbit www.kalosaranews.com merupakan anggota Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Sulawesi Tenggara (Sultra) serta tergabung dalam jaringan Siberindo.co