Hasil Rilis Kementerian ESDM RI, Konawe Rawan Banjir dan Puting Beliung

Sekda Konawe, Ferdiand
Sekda Konawe, Ferdiand

KONAWE – Sebagaimana dirilil oleh Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) RI Kabupaten Konawe masuk dalam kategori rawan bencana, dari menengah hingga tinggi, yang tersebar di 23 kecamatan.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Konawe, Dr. Ferdinad Sapan mengatakan pihaknya akan lakukan upaya mengurangi risiko bencana atau mitigasi,”kita ini yang paling beresiko itu banjir dan puting beliung dan ini yang kita antisipasi” ungkapnya usai mengikuti Rapat Paripurna Penyerahan dua Raperda usulan pemerintah, Senin, (14/2/2022).

Kata dia, konsekwesi itu memang pihaknya telah antisipasi, tetapi tidak pernah diketahui kapan itu dan di mana itu akan terjadi kalau puting beliung, tetapi kalau banjir pihak telah antisipasi.

“Contonya yang di Lambuya desa Waworaha setiap ada musim banjir mereka pasti kena, makanya mereka telah menyesuaikan dengan lingkungannya, bikin rumah yang tinggi itukan bagian dari adaptasi” jelasnya.

Menurut Sekda, masyarakat mestinya ada keinginan sendiri untuk relokasi, tetapi maslahnya masyarakat sendiri yang tidak mau, dan pihaknya tidak bisa memaksakan.


Reporter : Hijrah
Editor : Armin
Publizher : Iksan


 

error: Hak Cipta dalam Undang-undang