HUT 59 Tahun Konawe Momentum Evaluasi Pemerintahan

Ketgam : Bupati dan Wakil Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa bersa Gusli Topan Sabara saat menyampaikan pidato Gubernur Sultra H Ali Mazi pada HUT ke 59 Kabupaten Konawe di pelataran kantor bupati Minggu,03/3/2019/foto : Januddin
Ketgam : Bupati dan Wakil Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa bersa Gusli Topan Sabara saat menyampaikan pidato Gubernur Sultra H Ali Mazi pada HUT ke 59 Kabupaten Konawe di pelataran kantor bupati Minggu,03/3/2019/foto : Januddin

KALOSARA NEWS : Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra) mengelar upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Konawe ke-59 tahun di pelataran kantor Bupati Konawe Minggu,(3/3/2019).

Upacara Hari Ulang Tahun Konawe berlangsung meriah yang dibuka dengan pembacaan sejarah singkat Periode Pra Pemerintah Kerajaan Kabupaten Konawe, penampilan aksi baris berbaris dari polisi cilik (Pocil) Polres Konawe. Tari kolosal “Mondau” yang dimainkan 200 pelajar dan sanggar di Kabupaten Konawe, di bawah asuhan ibu Bupati Konawe Titin Saranani.

 

Ketgam : foto bersama usai upacara HUT ke 59 Konawe
Ketgam : foto bersama usai upacara HUT ke 59 Konawe

Upacara ini dihadiri oleh Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa, Wakil Bupati Konawe Gusli Topan Sabara, Ketua DPRD Konawe  Dr Ardin dan anggota, TNI, Dandim 1417 Kendari Letkol Cpn Fajar Lutvi Haris Wijaya, Kapolres Konawe (diwakili), Kepala Rutan kelas II B Unaaha Herianto, Kepala Kejaksaan Negeri Unaaha Jaja Raharja, Pengadilan Agama Unaaha, Forum Komunikasih Pimpinan Daerah (Fokopimda) Konawe, Orhanisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemda Konawe, para camat dan desa se-Kabupaten Konawe, tokoh adat dan pemuda se-Kabupaten Konawe.

Gubernur Sulawesi Tenggara, H Alimasi, SH dalam sambutannya yang dibacakan Kery Saiful Konggoasa meminta pemerintah Daerah Konawe agar hendaknya  menjadikan momen HUT Konawe sebagai mengevaluasi perjalanan dan pembangunan pemerintah sampai sekarang.

Lanjut bahwa daerah ini sesungguhnya telah berkontribusi positif, bagi pembangunan di provinsi Sulawesi Tenggara. Letaknya sangat strategis juga merupakan urat nadi, bagi aktifitas perekonomian masyarakat Sultra.

 

Ketgam : irup dan Peserta upacara
Ketgam : irup dan Peserta upacara 

Kata Ali Mazi dalam teks pidatonya, Kabupaten Konawe di liat dari letaknya. Daerah ini tepat berada di tengah-tengah sulawesi yang menjadi jalur utama lintasan trans sulawesi yang sangat strategis dan pariwisata.

Konawe dianggap sebagai daerah yang memiliki pesisir pantai luas dan telah termanfaatkan sebagai sektor pariwisata. Jika kedepannya dikelola lebih baik lagi maka akan memunculkan efek domino bagi perekonomian di Sultra.

BACA JUGA :   Polda Sultra Menangkap Dua Orang Pengedar Ribuan Butir Pil PCC

Dalam teks itu, Ali Mazi juga turut menyinggung program sejuta ton gabah dan sejuta ekor sapi sebagai program unggulan yang luar biasa. Ia bahkan optimis kalau kedepannya Konawe akan jadi sentra pangan nasional.

Gubernur juga menyebut Konawe sebagai pusat kebudayaan suku Tolaki. Ia menekankan agar masyarakat Konawe dan pemerintah bertanggung jawab untuk melestarikan kebudayaan luhur suku Tolaki di bumi Anoa.

 

Sejarah Singkat Kabupaten Konawe

Periode Pra Pemerintahan Kerajaan Konawe :

Kabupaten Konawe sekarang (awal terbentuknya bernama Kabupaten Kendari) memiliki sejarah peradaban yang panjang. Pemerintah Kabupaten Konawe sekarang merupakan kontinyuitas dari masa lalu yang wilayahnya meliputi bekas Kerajaan Konawe di sebagian besar daratan jazirah Sulawesi bagian Tenggara.

Suku asli Kerajaan Konawe adalah Suku Tolaki yang sejak ribuan taun telah mendiami wilayah ini dan  membentuk pemukiman serta komunitas masyarakat secara sederhana yang dipimpin oleh puak-puak gelar nenek (Mbue).

Wilayah pemukiman masyarakat Suku Tolaki pada saat disebut dengan TOBU, NAPO, dan ANGGALO. Hal ini dibuktikan dengan ditemukannya peninggalan arkeologi di beberapa gua atau kumapo di Konawe bagian utara maupun beberapa gua yang ada di daerah ini.

Tentang Penulis: admin

Gambar Gravatar
PT Kalosara Media Sultra | Penerbit www.kalosaranews.com merupakan anggota Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Sulawesi Tenggara (Sultra) serta tergabung dalam jaringan Siberindo.co