HUT Ke-57 Pemda Konawe Tabur Program

Foto – Gubernur Sultra H. Nur Alam Bersama Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa/ Randa/Kalosara News

Pemerintah Daerah Kabupaten Konawe memanfaatkan momentum Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Konawe yang ke-57 untuk bangga-banggan program, Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa menyerahkan beberapa program unggulan PERISAI. Dihadapan Gubernur Sulawesi Tengga, H.Nur Alam.SE. Tiga program unggulannya yakni :

1. Program satu desa satu perawat
2. Kartu Sehat Konawe (KSK)
3. Penyerahan Bantuan Rehabilitasi Rumah Tidak Layak Huni

Pertama adalah program satu desa satu perawat. Hal ini dilakukan dengan penandatanganan MoU antara Pemda Konawe dengan pihak Persatuan Perawat Nasioanl Indonesia (PPNI) DPC Konawe, oleh Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa dan Ketua PPNI Konawe, Vince Sonaru.

Program kedua, yakni peluncuran program konawe menuju kabupaten layak anak. Launching program adanya penandatanganan prasasti Deklarasi oleh Bupati Konawe yang disaksikan Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P3A), Cici Ita Riatianti.

Bupati Konawe KerySaiful Konggoasa saat menyambut Gubernur Sultra H.Nur Alam (Tenga)/Randa/KalosaraNews

Program Ketiga yakni,  penyerahan Kartu Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang terintegrasi dalam Kartu Indonesia Sehat (KIS). Untuk di konawe kartu tersebut diberi nama Kartu Sehat Konawe (KSK). Penyerahan dilakukan langsung Kepala BPJS Kesehatan Sultra, Diah Eka Rini kepada Bupati Konawe Kery Saiful Kongoasa.

dalam kegiatan meriah itu juga dirangkaikan adanya pemberian atau penyerahan bantuan kendaraan operasional lurah Se-Kabupaten Konawe sebanyak 57 unit roda dua. Selain itu, turut pula diserahkan dana operasional kelurahan senilai Rp 210 juta per kelurahan.

adanya penyerahan bantuan keuangan Dana Desa (DD) dan Dana Alokasi Desa (ADD) untuk desa Se-Kabupaten Konawe. Saat menyerahkan secara simbolis kepada perwakilan desa, Kery berpesan agar anggaran itu digunakan semestinya.

Selanjutnya, penyerahan bantuan usaha ekonomi produktif desa. Setiap desa mendapatkan Rp10 juta. Dana tersebut akan dialokasikan kepada warga yang memiliki UMKM produktif untuk dikembangkan. Penyerahan bantuan rehabilitasi rumah tidak layak huni.

Tiap desa akan dialokasikan sebanyak 7 unit rumah. Dengan kata lain, jika dikalikan dengan jumlah desa yang mencapai 297, maka total bantuan  yang digelontorkan tahun 2017 yakni sebanyak 2.097 unit rumah. Saat penyerahan, Kery berjanji menambah volume bantuan sehingga menyentuh lebih banyak masyarakat.

Selain dari pada itu Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa juga, penyerahan dana insentif pegawai honorer, Guru Tidak Tetap (GTT) Se-Kabupaten Konawe. Penyerahan diberikan mulai dari guru tingkat TK, SD dan SMP.(***)

error: Hak Cipta dalam Undang-undang