, , , , , ,

Ikut Suami, Ibu Yati Lukman Sempat Tunda Pendidikan Ditingkat SMA

Ketgam : Ibu Yati Lukman Abunawas
Ketgam : Ibu Yati Lukman Abunawas

KALOSARA NEWS : Yati dilahirkan di Wawotobi pada tanggal 9 September 1959 dari pasangan suami istri – H. Pisi dan Hj. St. Norma.  H. Pisi  yang berdarah campuran Cina Tolaki, adalah seorang pebisnis ulet dimasanya yang dikenal memiliki usaha perdagangan retail (memiliki kios besar) serta usaha pengumpulan dan penjualan rotan di Wawotobi.  Sedangkan Hj. St. Norma adalah seorang putri seorang bangsawan Kasipute (Wawotobi) yang bersaudara kandung dengan Hj. Siti Aminah, Istri Abd. Rasak Porosi (mantan Bupati Kendari tahun 1993 – 2003).

Di Wawotobi, Yati menamatkan pendidikan SD pada tahun 1974 dan tamat SMP tahun 1977. Setelah menikah dan ikut suami (LA) merantau ke Makassar pada akhir tahun 1977 hingga  tahun 1983,  Yati sempat menunda melanjutkan pendidikan ke-tingkat SMA. Selama masa itu, Yati sempat mengikuti kursus kecantikan di Salon Sayonara Makassar sambil membantu suami mencari penghasilan tambahan dari usaha berjualan kue di kantin SMP Ramayana Makassar dan membuka usaha jasa gunting rambut kecil-kecilan di rumah kontrakan mereka di Maros (ketika itu LA sudah menjadi PNS di Pemda Maros dengan golongan II/a).

Pada sekitar Ferbruari 1982, Yati sempat pulang kampung ke Wawotobi selama beberapa hari untuk mendaftarkan diri ke SMA Wawotobi, lalu kembali ke Maros hingga beberapa bulan sesudahnya. Pada tahun 1983, Yati dan kedua anaknya diboyong suami pulang menetap ke Kendari. Ia pun langsung melanjutkan pelajaran  di SMA Wawotobi hingga tamat pada tahun 1984.

Hanya  beberapa bulan  setelah memperoleh ijazah SMA, Yati mengikuti jejak suami di jalur birokrasi dengan masuk menjadi PNS  di Pemkab Kendari (semasa pemerintahan Bupati Andry Djufry) pada tanggal 1 Maret 1985 dengan golongan II/a.

BACA JUGA :   Pj Sekda Sultra Dukung Pemekaran Kota Raha

Sewaktu suami menjabat sebagai Kadis Tata Ruang Kabupaten kendari tahun 1998, Yati melanjukan pendidikan S-1 pada jurusan Ilmu Pemerintahan  di Universitas Terbuka hingga meraih gelar S.Ip pada tahun 2002.

Ditakdirkan menjadi ibu Bupati  di tahun 2003,  Yati mulai melewati masa-masa panjang mendampingi  tugas suami sebagai ketua tim penggerak PKK, ketua Dharma Wanita Persatuan, sekaligus pernah menjabat sebagai ketua BKMT Kabupaten Konawe.

Tentang Penulis: admin

Gambar Gravatar
PT Kalosara Media Sultra | Penerbit www.kalosaranews.com merupakan anggota Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Sulawesi Tenggara (Sultra) serta tergabung dalam jaringan Siberindo.co