Imbas Klaim Obat Korona, Publik Dilema

Irayanti S.AB
Irayanti S.AB

Oleh : Irayanti S.AB (Pemerhati Sosial Politik)


 

Baru-baru ini, nama Hadi Pranoto mendadak naik daun dan banyak dibicarakan publik.Bukan tanpa sebab, hal itu terjadi karena Hadi Pranoto mengklaim telah menemukan obat yang mampu sembuhkan Covid-19.Namanya mendadak terkenal usai Hadi Pranoto diundang penyanyi Anji di dalam salah satu vlog di kanal YouTube miliknya.

 

Tak main-main, beredar kabar bahwa Hadi Pranoto adalah seorang profesor lulusan IPB University.Hal ini pun sontak jadi pertanyaanlantaran Hadi Pranoto enggan membeberkan latar belakang pendidikannya kepada publik dengan alasan mencegah munculnya kontroversi baru. Sedang publik makin tergerus kepercayaannya kepada pemerintah akibat berita viral ini.

 

Kontroversi

Video wawancara musisi Erdian Aji Prihartanto alias Anji dengan Hadi Pranoto, orang yang mengaku telah menemukan obat Covid-19 di Youtube, dinilai memuat berita bohong sehingga warganet melaporkan video itu dengan keterangan ”spam or misleading”. Video tersebut kini sudah diturunkan oleh Youtube.

 

Tak sedikit pihak menanggapi diskusi tersebut, termasuk salah satu dokter paru yang berpraktik di Mayapada Hospital Kuningan, Jakarta yakni dr. Jaka Pradipta, Sp.P.Dalam akun Twitter miliknya, @jcowacko ia mengunggah pernyataan pada Minggu, 2 Agustus 2020.Ia dengan tegas menuliskan bahwa konten yang telah diunggah oleh Anji merupakan informasi sangat sesat. Ia pun memohon agar Anji segera menghapus kontennya yang dinilai dapat menyesatkan publik.

 

PihakIPBUniversitypun angkat suara untuk membantahkabarberedaryangmenyatakanbahwaHadiPranotoadalahalumniIPB.HumasIPBUniversityYatriIndahKusumastutisaatdikonfirmasiolehTribunnewsBogor.commengatakanbahwaHadiPranotobukanalumniIPB.YatrimendugabahwaisuHadiPranotoadalahalumniIPB,berasaldarikemiripannamadengansalahsatualumniIPB. Belakangan setelah di teliti gelar pendidikan Hadi Pranoto tidak jelas.

 

BACA JUGA :   Dinas Peternakan Disinyalir Kebiri Kegiatan KTNA Konawe

Tentang Penulis: admin

Gambar Gravatar
PT Kalosara Media Sultra | Penerbit www.kalosaranews.com merupakan anggota Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Sulawesi Tenggara (Sultra) serta tergabung dalam jaringan Siberindo.co