,

IMM Sultra Desak Pemerintah Hentikan Kekerasan Terhadap Muslim Uyghur

Ketgam : Massa IMM Sultra saat mendatangi Kantor DPRD Sultra/foto : Asman Kalosara News

KALOSARA NEWS : Dewan Pimpinan Daerah Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Sulawesi Tenggara (Sultra) mengelar aksi damai terkait penindasan muslim uyghur di China, Tiongkok. Aksi itu menuntut Dewan Perwakilan Rakyat (DPRD) Sulawesi Tenggara untuk mendesak pemerintah pusat membuka diplomasi politik agar pemerintah China membuka akses bantuan internasional serta menghentikan kekerasan yang terjadi di daerah setempat.

Kordinator Lapangan (Korlap)  massa aksi  Muhammad Resky  menuturkan, lebih dari 1,5 juta etnis muslim uyghur menjadi tawanan politik oleh pemerintah China. “Warga di paksa keluar dari agama Islam, di suruh memakan babi, meminum-minuman keras yang dalam islam itu dilarang,” uungkapnya  dalam orasinya.

Menambhkan hal itu, Ketua DPD IMM Sultra IMM Awan Supratman, kita harus bersatu menyuarakan penolakan penindasan yang dilakukan oleh pemerintah China kepada saudara kita di Uyghur. Pemerintah jangan tutup mata dengan persoalan ini. Seharusnya pemerintah melakukan diplomasi kepada negara china sebagai negara yang memiliki hubungan baik.

“Kami juga meminta pemerintah agar melakukan diplomasi politik untuk membuka akses bantuan internasional seperti yang terjadi di Myanmar, jangan sampai terjadi kasus seperti di Palestina dan Myanmar, “ katanya Awan Jumat, ( 21/12/2018)..

Menanggapi tuntutan massa aksi, Ketua DPRD Provsinsi Sultra H Abdurrahman Saleh menuturkan, pihaknya akan mengambil langka soal kekerasan yang terjadi pada muslim Uyghur.

“Kami akan langsung Fax ke kantor DPR RI, Kementrian Agama, Kementrian Luar Negeri, agar mereka tahu bahwa saatnya negara Indonesia bersatu dan kita buktikan kepada mereka kalau kita di Sultra bersatu untuk mendukung  penghentian kekerasan Uyghur,” tegasnya saat menerima massa aksi di halaman kantor DPRD Prov Sultra.

Usai menyampaikan aspirasnya serta diterima dengan baik, mara mahasiswa ini meninggalkan gedung DPRD Provinsi.

Tentang Penulis: admin

Gambar Gravatar
PT Kalosara Media Sultra | Penerbit www.kalosaranews.com merupakan anggota Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Sulawesi Tenggara (Sultra) serta tergabung dalam jaringan Siberindo.co