Indonesia Timur Saatnya Teriak Merdeka

Muh. Syainul Arifin Tora
Muh. Syainul Arifin Tora

Penulis : Muh. Syainul Arifin Tora, ST

(Koorwil Sultra BEM SI 2014/2015)


Bukan tanpa alasan pancasila merupakan salah satu dasar negara yang mengikat pemerintah, lembaga negara, lembaga masyarakat, dan juga mengikat setiap warga dan penduduk yang berada di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Beberapa fakta menunjukan bahwa implementasi isi pancasila belum sesuai harapan rakyat indonesia. Situasi demikian seolah bukan jadi persoalan besar bagi pemerintah sejak kemerdekaan sampai sekarang ini. Sebelum lanjut, perlu menyatukan pandangan bahwa semua provinsi di indonesia berkedudukan sama sehingga tidak ada perbedaan perlakuan terkecuali DKI Jakarta, DIY Yogyakarta dan Provinsi Aceh.

Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia bunyi kutipan pancasila dalam sila ke 5 (lima) yang menjelaskan tentang kesetaraan perlakuan  setiap warga negara dari sabang sampai merauke, dari timur sampai ke barat dan dari selatan sampai ke utara memiliki hak yang sama untuk mendapatkan keadilan. Sadarkah kita bahwa kutipan tersebut hanyalah teks negara yang belum telaksanakan, ketimpangan sosial terus terjadi dinegeri ini sehingga beberapa wilayah di indonesia merasa diperlakukan berbeda.

Anak tiri bangsa merupakan spontanitas ungkapan yang dieksperisikan dengan melihat kondisi bangsa yang terus terjadi dari masa kemasa, sejak pasca kemerdekaan 1945 sampai detik ini, Kesenjangan sosial, pembangunan infrastruktur, angka kemiskinan masih menjadi persoalan serius yang harus diselesaikan oleh pemerintah. Sebagai bahan pembanding, berikut adalah presentase angka kemiskinan dibeberapa provinsi, dalam perbandingan ini diambil sample masing-masih 3 provinsi di indonesia barat dan 3 di indonesia timur.

Tabel 01 : Persentase angka kemiskinan :

BACA JUGA :   Demokrasi Penggagas UU Bermasalah, Masihkah Terus Berharap Mensejahterakan

Tentang Penulis: admin

Gambar Gravatar
PT Kalosara Media Sultra | Penerbit www.kalosaranews.com merupakan anggota Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Sulawesi Tenggara (Sultra) serta tergabung dalam jaringan Siberindo.co