Ini Alasan Mendagri Lantik Bupati Konsel di Jakarta

( Ilustrasi : Pelantikan )

KALOSARANEWS.COM – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo menegaskan, keputusannya melantik pasangan Bupati Konawe Selatan, Sulawesi Tenggara, Surunuddin-Arsalim di Jakarta, Selasa (23/2) petang, karena syarat pelantikan sudah terpenuhi. Yakni sudah memenuhi syarat Pasal 160 Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2015 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati dan Wali Kota.

‎Dalam pasal tersebut kata Tjahjo, diatur syarat-syarat calon kepala daerah terpilih berdasarkan ketetapan KPU. Kemudian untuk pelantikan, diusulkan oleh KPU ke DPRD dan DPRD menyampaikannya ke gubernur untuk diteruskan ke Mendagri.

“Jadi syarat-syaratnya sudah terpenuhi. Tapi gubernur mengatakan belum mengusulkan karena syarat pengunduran diri (Wakil Bupati terpilih Arsalim,red) belum mengundurkan diri dari PNS,” ujar Tjahjo.

Disebutkan, bila gubernur dan wakil gubernur tak bisa melantik bupati-wakil bupati terpilih, menteri boleh mengambil alih kewenangan tersebut sebagai wakil pemerintah pusat.

Selain pasal tersebut, Tjahjo juga mengaku sudah meminta izin kepada presiden atas kebijakan yang diambilnya. Dengan demikian, semua prosedur penarikan pelantikan ke Jakarta, sudah terpenuhi. (gir/jpnn)KENDARINEWS.COM

error: Hak Cipta dalam Undang-undang