Inventarisir Barang, BPKAD Konawe Gelar Pelatihan

KONAWE – kalosaranews.com – Pemerintah daerah (Pemda) Konawe tampaknya mulai mawas diri. Prestasi Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) yang telah diraih mesti dipertahankan. Oleh karenanya, daerah yang dinahkodai Kery Saiful Konggoasa ini terus mengoptimalkan kerja pengurus barang atau aset daerah.Seperti yang tampak pada dua hari belakangan ini, Kamis dan Jumat (11-12/08/2016). Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) menginisiasi bimbingan terknis pengelolaan barang daerah yang diikuti utusan pengurus barang tiap SKPD hingga tingkat kecamatan.

Kepala BPKAD Konawe, Ferdinan menuturkan pengurus barang punya posisi strategis dalam hal pendataan aset daerah. Bahkan kerja-kerjanya lebih berat bila di banding bendahara pengeluaran ditiap instansinya.

“Tugas mereka berat. Selain mencatat aset daerah pada tahun berjalan, mereka juga diharuskan mencari aset daerah pada tahun-tahun yang telah lewat. Kalau dokumen aset yang sudah lama itu masih ada, tidak masalah. Akan menjadi masalah kalau tidak ada. Makanya mereka kami berikan bimbingan khusus supaya tahu caranya mencatat aset lama,” jelasnya.

Lanjut Ferdinan, meski sampel yang diperiksa BPK Sultra biasanya hanya aset pada instansi besar, pihaknya tetap menggenjot instansi kecil juga. Menurutnya, jangan sampai suatu saat nanti ada pemeriksaan di intansi-instansi kecil.

BACA JUGA :   Kejaksaan Kolaka Gelar Sosialisasi, Upaya Mencegah Korupsi Dana Desa

Tentang Penulis: admin

Gambar Gravatar
PT Kalosara Media Sultra | Penerbit www.kalosaranews.com merupakan anggota Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Sulawesi Tenggara (Sultra) serta tergabung dalam jaringan Siberindo.co