IRT, KARAOKE, DAN KAPITALISME

oleh : Indah Yuliati, S.Sos

( Pemerhati Sosial )

OPINI : Zaman now untuk wilayah Sulawesi Tenggara, khususnya kota Kendari dan sekitarnya, acara karaokean menjadi hiburan bagi warga, laki-laki maupun perempuan. Sebagaimana diceritakan seorang ibu yang sering diajak ke rumah Karaoke oleh temannya. Seorang Pelajar juga pernah menceritakan jika ibunya sering mengunjungi rumah Karaoke.

Tidak banyak data yang bisa didapatkan terkait jumlah pengunjung , rata-rata usia, dan mengapa hiburan karaoke menarik hati orang-orang yang lebih dewasa untuk menikmatnya yang bisa diperoleh dari media massa kecuali dari cerita beberapa pelanggan Karaoke.

 

Berbagai kasus yang erat kaitannya dengan hiburan ini biasanya narkoba dan perselingkuhan bahkan pembunuhan. Tetapi kali ini penulis tidak hendak menyorot kasus-kasus tersebut. Dalam  tulisan ini penulis lebih ingin menyorot para “Ibu” yang hoby bahkan rajin mengunjungi rumah hiburan Karaoke dengan alasan menghilangkan kepenatan dalam rumah tangga dan berbagai masalah yang dipicu persoalan ekonomi.

 

Para Ibu tidak menyadari jika sering ketempat karaoke untuk bersenang-senang, mereka telah meninggalkan anak-anak dirumah. Jika kondisi rumah yang tidak harmonis maka para ibu telah membiarkan anak-anak menghadapi sendiri masalahnya baik karena dipicu masalah keluarga, lingkungan maupun di sekolah.

 

Urgensi Peran Ibu dalam Rumah

 

Persoalan generasi, dikalangan anak maupun remaja saat ini, semakin memprihatinkan.  Diskala Nasional kita dikejutkan dengan Grup Percakapan Whattsapp “All Stars” dari anak-anak SMP yang berisi percakapan tidak senonoh, berbagai video porno hingga ajakan berbuat Asusila.

Begitu pula berita tentang 12 siswi disatu sekolah yang ketahuan hamil. Dan banyak lagi persoalan anak dan remaja saat ini, tentunya yang akan disorot pertamakali adalah dimana peran keluarga.

BACA JUGA :   Meriahkan HUT Ke-72 RI, PKK Kec Dangia Gelar Lomba Karaoke

 

Tentang Penulis: admin

Gambar Gravatar
PT Kalosara Media Sultra | Penerbit www.kalosaranews.com merupakan anggota Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Sulawesi Tenggara (Sultra) serta tergabung dalam jaringan Siberindo.co