Ragam  

Jelang Nyepi Halaman Pemda Konawe Mendadak Jadi Pura

Anggota Ogoh-Ogoh Saat pentas, Kery Saiful Konggoasa (Putih) terlihat antusian memberikan semangat pada para penari -(KalosaraNews/Randa)

KALOSARA NEWS.COM – Ribuan masyarakat bali memadati kantor pemerintahan Kabupaten Konawe minggu (19/03/2017). Kedatang masyarakat tersebut dalam rangka memeriahkan Festival Ogoh-Ogoh yang digelar dalam rangka menyambut hari raya Nyepi.

Berbagai macam pernak pernik yang menjadi acara rutin warga hindu di setiap perayaan hari raya nyepi juga di ikut sertakan dalam rangka memeriakan Festival yang akan di gelar dua tahun sekali ini. Mulai dari lomba ogoh-ogoh hingga dengan lomba tarian, kantor daerah yang menjadi pusat perayaan seketika menjadi pura. Karena sejumlah pernak pernik pura berda disetiap penjuru halaman kantor daerah.

Tolerasi antara umat beragama dan suku juga terlihat dalam kegiatan ini, sejumlah masyarakat penganut muslim, kristen dan suku juga andil menyaksikan tarian yang diperagakan oleh setiap anggota pembawa Ogoh-Ogoh ini.

Kantor daerah dipenuhi oleh masyarakat konawe yang ingin menyaksikan kegiatan yang langka ini, semua suku dan agama bercampur baur menyaksikan kegiatan yang sangat meriah ini. Cuaca yang begitu bersahabat membuat perayaan lomba ogoh ogoh ini berlangsung hikmat dan damai,

Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa yang sebelumnya telah melepas peserta pawai ogoh-ogoh di lokasi Stasiun Tilawatil Quran (STQ) begitu hanyutnya melihat pentasan yang di mainkan oleh warganya.

Sesekali diirinya (Kery Saiful Konggoasa ) menghampiri para peserta festival, hal itu dilakukannya untuk memberikan supor dan semangat para peserta, satu persatu di salaminya, bahkan pengunjung sesekali meminta agar berfoto pada orang nomor satu di Konawe  ini.

 

Dalam kegiatan festival tersebut yang dirangkaikan pawai ogoh-ogoh diseputaran jalan unaaha, dilepas oleh Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa selanjutnya para peserta mulai star dari lokasi STQ menuju kantor daerah konawe.

Selain masyarakat juga di hadiri oleh Anggota DPRD Konawe Rusdianto,SE,MM, Kadek Rai Sudiani, Kapolres Konawe AKBP Jemi Sekretaris Daerah Konawe H.Ridwan Lamarao dan seluru jajaran Satuan Perangkat Daerah (SKPD).

Reporter : Randa
Editor : Redaksi

error: Hak Cipta dalam Undang-undang