Jurus Ajaib Vaksinasi, Solusi Di Tengah Kontroversi

Vikhabie Yolanda Muslim
Vikhabie Yolanda Muslim

Oleh : Vikhabie Yolanda Muslim, S.Tr.Keb (Praktisi Kesehatan)


 

Ditengah semakin meningkatnya angka kematian akibat melonjaknya kasus covid-19, kini solusi vaksinasi muncul bak jurus ampuh bin ajaib. Bahkan, Epidemiolog Griffith University, Dicky Budiman menyebut situasi pandemi covid-19 di Indonesia hingga saat ini, disebut sedang memasuki fase kritis. Hal ini dikarenakan semua indikator termasuk angka kematian semakin meningkat tinggi.

 

Dalam tiga bulan pertama ini, situasi kritis menurutnya akan sangat dipengaruhi oleh respons pemerintah dalam melakukan screening, tes, hingga isolasi. Vaksin pun muncul menjadi pilihan untuk membangun kekebalan tubuh, bukan sebagai solusi ajaib (tirto.id).

 

 

Senada dengan pernyataan epidemiolog diatas, program vaksinasi ini pun tampaknya menimbulkan berbagai spekulasi di tengah masyarakat. Program ini menjadi kontroversi dan menuai kritik, sebab vaksin bermerek Sinovac yang telah dipesan dan didistribusikan ke belasan provinsi di tanah air, disebutkan belum lolos uji klinis tahap III (tirto.id). Beragam opini pun muncul, mulai dari keraguan masyarakat hingga penolakan. Lantas, apakah program vaksinasi yang akan berjalan ini ialah sebuah solusi tepat ? Maka, melihat situasi ini, ada beberapa benang merah yang dapat kita tarik.

 

Pertama, yang perlu kita ingat kembali, vaksin termasuk ke dalam secondary prevention alias pencegahan kedua setelah sebelumnya di maksimalkan dalam primary prevention (pencegahan utama). Sedangkan dalam evaluasinya, upaya pencegahan utama juga belum maksimal dan sebagian besar masih amburadul. Padahal, primary prevention dengan 5M (Menggunakan masker, Mencuci tangan, Menjauhi kerumunan, Menjaga jarak, Menjaga imun) ialah upaya yang tak boleh diabaikan. Hal tersebut tampaknya hingga saat ini belum menjadi bahan evaluasi yang maksimal oleh pemerintah dalam membenahi penanganan pandemi di negeri ini.

BACA JUGA :   Ngopi Bersama SMSI : Ir. Hugua, Paparkan Potensi Ekonomi Sultra Disektor Pariwisata

Tentang Penulis: admin

Gambar Gravatar
PT Kalosara Media Sultra | Penerbit www.kalosaranews.com merupakan anggota Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Sulawesi Tenggara (Sultra) serta tergabung dalam jaringan Siberindo.co