Kasus Gizi Buruk dan Minimnya Peran Rezim

Rahmawati
Rahmawati

Oleh : Rahmawati (Muslimah Kendari)


 Gale Saputra seorang anak yang berusia 9 tahun hanya bisa terbaring lemah di atas tempat tidur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bahteramas, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra). Dua buah selang infus terlihat menempel ditangan kanan dan hidungnya. Lima hari sudah Gale berada di RSUD, menjalani perawatan intensif dari pihak dokter dan perawat. Bocah tersebut ditemani seorang perempuan muda, bernama Sri Endang yang merupakan seorang relawan. Gale didiagnosa oleh dokter menderita marasmus atau gizi buruk (Zonasultra.com, 4/11/2020).

Tubuh Gale nampak kering, tulang belulang menonjol terbungkus kulit. Tatapannya sayup dan kosong, sesekali meringis menahan sakit tatkala satu anggota tubuhnya digerakkan. Sri Endang yang menemani Gale di RSUD bercerita,  Gale pertama kali diketahui menderita gizi buruk saat dibawa oleh ibunya ke Desa Lalonggombuno, Kecamatan Kapoiala, Kabupaten Konawe. Saat itu Endang belum mengetahui tentang keberadaan Gale, hingga akhirnya setelah seminggu berada di kampung tersebut salah seorang warga setempat memposting kondisi anak itu di sosial media.

BACA JUGA :   Tour ke Bali dan 16 Juta Rupiah Bagi Lima Pemenang Putri Bandara HO

Tentang Penulis: admin

Gambar Gravatar
PT Kalosara Media Sultra | Penerbit www.kalosaranews.com merupakan anggota Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Sulawesi Tenggara (Sultra) serta tergabung dalam jaringan Siberindo.co