Kasus Kekerasan Seksual Anak Meningkat, Butuh Solusi Tepat

Oleh : Dewi Puspita, S.Si (Pemerhati Masalah Sosial)


 

Kasus Kekerasan Seksual Anak (KSA) tak kunjung usai. Sebagaimana dinyatakan oleh Helpin, dari Satuan Bakti Pekerja Sosial (Sakti Peksos) Kementrian Sosial Republik Indonesia di Konsel. Sepanjang tahun 2020 kejahatan seksual di Konawe Selatan berjumlah 32 kasus (telisik.id, 26/12/2020)

Dalam skala nasional, berdasarkan data Sistem Informasi Online Perlindungan Perempuan dan Anak (Simfoni PPA) sejak 1 Januari hingga 31 Juli 2020. Tercatat ada 4.116 kasus kekerasan pada anak di Indonesia. Dari angka tersebut, kasus kekerasan seksual terhadap anak lebih mendominasi (Kompas.com, 24/08/2020).

Staf Ahli Bidang Komunikasi Pembangunan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Ratna Susianawati menyoroti hal ini. Kasus kekerasan seksual ini  sebagaimana fenomena gunung es. Lebih banyak kasus yang yang terjadi di tengah masyarakat namun tidak dilaporkan (antaranews, 13/11/2020).

Sungguh miris, generasi dalam kondisi memilukan. Beberapa cara telah dilakukan untuk mengatasi hal ini. Lalu akankah ada titik terang?

BACA JUGA :   Konsel, Catat Rekor Kasus Kekerasan Seksual Tertinggi Hingga Mencapai 55 Kasus

Tentang Penulis: admin

Gambar Gravatar
PT Kalosara Media Sultra | Penerbit www.kalosaranews.com merupakan anggota Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Sulawesi Tenggara (Sultra) serta tergabung dalam jaringan Siberindo.co