Kasus Positif Covid-19 di Koltim Meningkat

Reporter : Utha | Editor : Armin | Publizher : Iksan


KALOSARA NEWS : Update kasus positif Covid-19 di Kabupaten Kolaka Timur mengalami peningkatan, terkonfirmasi sebanyak 28 orang di enam kecamatan terpapar virus corona dan terdapat 48 orang kontak erat dengan pasien positif Covid-19.

Akibat jumlah positif Covid-19 di enam kecamatan tersebut, menjadikan status kecamatan itu menjadi zona merah, antaranya Tinondo, Tirawuta, Loea, Dangia, Aere dan Poli-polia.

Ketua gugus tugas covid-19 Koltim, Dr Abdul Munir Abubakar menyampaikan dari 28 terkonfirmasi positif Covid-19, sebanyak 27 pasien terpapar dari transmisi lokal.

” Satu pasien positif Covid-19 dari Tirawuta ada riwayat perjalana dari Jakarta, sementara 27 lainya itu transmisi lokal,” kata Dr Munir sapaanya, Kamis 08/07/2021.

Untuk itu, lanjut Munir, covid-19 di wilayah Koltim telah ada dan menyebar sejak tahun 2020, karena hasil tracking pasien positif Covid-19 hampir rata-rata pasien tidak pernah melakukan perjalanan luar daerah.

” Memang dalam penyebaran di Kolaka Timur ini itu sudah ada, Cuman kan kita ketahui bahwa penyakit ini kan gejalanya mulai dari tanpa gejala sampai gejala ringan. Nah nanti yang terdeteksi itu kalau sudah masuk gejala berat, adapun yang ringa itu sulit,” kata Munir.

Di Koltim sendiri untuk menentukan positif Covid-19, pihak medis melakukan tes antigen, selain itu, pihaknya juga melakukan tes VCR dengan mengambil sampel dan mengirimkan ke Kolaka, seperti tiga pasien positif Covid-19 yang terkonfirmasi di Koltim.

Penggunaan tes antigen untuk menentukan positif Covid-19 ini juga telah di setujui oleh menteri kesehatan, khususnya untuk wilayah yang tidak memiliki alat tes VCR salah satunya Kabupaten Kolaka Timur.


 

BACA JUGA :   Pengumuman Rapid dan Tes Lapangan Divisi Dump Truck PT OSS Tahap 4

Tentang Penulis: admin

Gambar Gravatar
PT Kalosara Media Sultra | Penerbit www.kalosaranews.com merupakan anggota Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Sulawesi Tenggara (Sultra) serta tergabung dalam jaringan Siberindo.co