Kelompok Hacker India Serang Tiongkok

JAKARTA – kalosaranews.com – ( TEKNOLOGI ) – Global Research and Analysis Team (GReAT) dari Kaspersky Lab menemukan adanya sebuah kelompok hacker, yang kemungkinan beroperasi dari India, melakukan aktivitas spionase cyber agresif di kawasan Asia. Mereka menargetkan beberapa entitas diplomatik dan pemerintahan, khususnya berfokus pada Tiongkok serta segala urusan internasional  yang berkaitan dengan negara tersebut. Kelompok ini hanya berbekal eksploitasi usang dan peralatan yang tidak begitu canggih sebagai  persenjataan mereka.

Mereka juga diketahui mencoba untuk melakukan serangan kepada para target berprofil penting di negara-negara barat. Modus operandi  kelompok hacker Dropping Elephant (juga dikenal sebagai Chinastrats) ini hampir tidak bisa dikatakan canggih.

Para penyerang sangat bergantung pada social engineering serta peralatan dan eksploitasi malware berbudget rendah. Namun, cara ini  tampaknya cukup efektif, sehingga membuat kelompok hacker ini menjadi salah satu yang berbahaya. Dari November 2015 hingga Juni 2016, kelompok hacker ini melakukan profiling ratusan hingga ribuan target di seluruh dunia.

Tidak hanya  itu, dalam beberapa bulan pertama, operasi mereka berhasil mencuri dokumen dari setidaknya beberapa lusin korban yang telah mereka  targetkan sebelumnya. Menurut keterangan resmi yang Tekno Liputan6.com terima, Jumat (15/7/2016), untuk profiling target tahap awal, Dropping Elephant  mengirimkan email massal ke sejumlah alamat email yang telah mereka kumpulkan berdasarkan relevansi target terhadap tujuan mereka. Email spear-phishing yang dikirim berisi referensi ke konten yang dikontrol dari jauh–tidak terlampir dalam email itu sendiri–tapi diunduh  dari sumber eksternal.

BACA JUGA :   300 Kelompok Penerima Bibit Jagung Koltim Buka Rekening

Tentang Penulis: admin

Gambar Gravatar
PT Kalosara Media Sultra | Penerbit www.kalosaranews.com merupakan anggota Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Sulawesi Tenggara (Sultra) serta tergabung dalam jaringan Siberindo.co