Kembalikan Kemuliaan Ulama

OPINI : Sebelum berangkat ke Kantor Komisi Pemilihan Umum, pasangan calon presiden dalam Pilpres 2019, Jokowi-Ma’ruf Amin berkumpul bersama dengan para pendukungnya di Tugu Proklamasi, Jakarta. Ada momen menarik, di mana Kiai Mar’ruf Amin asyik digoyang penyanyi dangdut diatas panggung (Rmol.co,22/9/2018).

Ulama seharusnya bisa dijadikan sebagai panutan dalam mengerjakan segala sesuatu, dengan fatwa atau hasil keputusan yang dilandaskan nilai-nilai agama, namun kini sudah tercorengkan dengan perbuatannya sendiri.

Di sisi lain, ulama saat ini tak sedikit mengikut arus sekularisme. Sehingga membuat bingung umat. Bagaimana tidak, mereka sadar atau tidak telah ikut ambil bagian dari sistem ini  (demokrasi) yang jauh dari nama agama. Dimana sistem ini mencampuradukkan antara yang hak dan batil, serta segala cara dapat ditempuh demi mendapatkan jalan tol kekuasaan. Olehnya itu, masuknya ulama menjadibagian dari sistem perpolitikan yang ada, seolah menjadi legitimasi terhadapbobroknya sistem.

Dari fakta yang ada, nampak jelas kerusakan sistem saat ini. Hal ini terlihat dari merosotnyanilai agama dan moralitas dari umat. Bahkan ulama pun tak luput menjadi korban dari rusaknya sistem yang ada.

Tak hanya itu, pudarnya kemulian seorang ulama pun terjadi akibat sistem pemisahan agama dari kehidupan. Dimana mereka seakan canggung jika berbicara masalah publik dalam sudut pandang Islam. Seperti halnya juga mereka merasa tidak enak ketika membahas pengaturan Sumber Daya Alam (SDA). Seolah Islam tak mampu memberi solusi lengkap.

Sungguh miris, ulama kini telah masuk dalam jebakan sistem sekuler. Sebagaimana sudah menjadi rahasia umumdalam sistem yang memisahkan peran agama dalamkehidupan, peran agama dianggap menjadi sebuah penghalang. Sehingga peran ulama sebagai pewaris nabi seakan tergerus oleh aturan yang ada.

Tentang Penulis: admin

Gambar Gravatar
PT Kalosara Media Sultra | Penerbit www.kalosaranews.com merupakan anggota Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Sulawesi Tenggara (Sultra) serta tergabung dalam jaringan Siberindo.co