Ragam  

KKN di Desa Sonay, Mahasiswa Universitas Sembilan Belas November Gelar Festival Anak Soleh  

Ketgam : Pose bersama mahasiswa KKN Universitas Sembilan Belas Nopember Kolaka bersama peserta lomba Festifal Anak Soleh di balai Desa Sonay, Kecamatan Puriala, Kabupaten Konawe/Foto – Documen Mahasiswa USN
Ketgam : Pose bersama mahasiswa KKN Universitas Sembilan Belas Nopember Kolaka bersama peserta lomba Festifal Anak Soleh di balai Desa Sonay, Kecamatan Puriala, Kabupaten Konawe/Foto – Documen Mahasiswa USN

KABUPATEN KONAWE – SULAWESI TENGGARA

KALOSARA NEWS : Kegiatan festival anak soleh yang di prakarsai oleh mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Sembilan Belas November Kolaka sukses dilaksanakan. Sebanyak 97 peserta terdiri dari Sekolah Dasar (SD) Sekolah Menenga Pertama (SMP) ikut andil dalam lomba tersebut.

Kegiatan yang dilangsungkan di masjid baiturrahman dan balai desa Sonay, kecamatan Puriala berlangsung selama dua hari yakni tanggal 9 September hingga tanggal 10 September 2017.

Samsul menuturkan, kegiatan tersebut bertujuan untuk melatih serta meningkatkan bakat dan kemampuan belajar anak dalam mempelajari ilmu agama. Peserta dalam lomba tersebut berasal dari SD dan SMP di Puriala. Dikatakannya, terlaksananya lomba itu berkat usulan dan kerjasama rekan-rekan mahasiswa KKN USN Kolaka khususnya posko desa Sonay.

“Alhamdulillah, antusias anak – anak sangat tinggi untuk mengikuti lomba yang kami selenggarakan, jumlah peserta yang mendaftar sekitar 97 orang untuk ikut dalam perlombaan. Tujuan kita menyelenggarakan lomba untuk berbagi ilmu kepada anak-anak ini ,” kata Samsul yang juga kordinator Desa Sonay.

Kata Samsul, kegiatan ini dapat terlaksana juga atas kerjasama oleh pihak pengurus masjid baiturahman dan masyarakat di desa Sonay. Ia berharap, dengan adanya lomba itu peserta yang mengikuti lomba dapat menerapkan manfaatnya.

 

Ketgam : Pose bersama mahasiswa KKN Universitas Sembilan Belas Nopember Kolaka bersama peserta lomba Festifal Anak Soleh di balai Desa Sonay, Kecamatan Puriala, Kabupaten Konawe/Foto – Documen Mahasiswa USN
Ketgam : Pose bersama mahasiswa KKN Universitas Sembilan Belas Nopember Kolaka bersama peserta lomba Festifal Anak Soleh di balai Desa Sonay, Kecamatan Puriala, Kabupaten Konawe/Foto – Dokumen Mahasiswa USN

 

Di tempat yang sama Eni Karmila menambahkan, saat ini pengaruh-pengaruh buruk bagi generasi muda semakin memperihatinkan.

 

“Dengan adanya festival anak soleh ini menjadi momen untuk pembinaan generasi muda agar bisa menyaring bahkan menjadi benteng terhadap pengaruh-pengaruh dimaksud,” ungkap Erni sekaligus sekretaris kordinator desa di sonay,

Menanggapi hal itu, Gunawansyah sangat mengapresiasi baik. Dikatakannya, bahwa kegiatan yang dilaksanakan sangat luar biasa, karna kegiatan ini baru pertama kali dilaksanakan di desa Sonay yang cukup meriah.

“Dengan memulai pembinaan sejak usia dini diharapkan akan menjadi anak yang soleh, alim, faqih dan bisa mandiri. Kegiatan ini sifatnya positif untuk pembetukan generasi muda yang memiliki akhlak  yang muliah, ” ujar Gunawansyah,ST,.MT dosen pembimbing mahasiswa KKN di Desa Sonauy.

Hal serupa juga disampaikan kepala desa Sonay, Dian Priatna mengungkapkan, ia sangat mengapresiasi apa yang dilaksanakan oleh mahasiswa KKN Usn Kolaka. Menurutnya, kegiatan yang dilaksanakan mahasiswa sangat memberikan manfaat untuk anak-anak. Katanya, baru pertama kali festival anak soleh dilaksanakan di desa yang ia pimpin.

“Kehadiran mahasiswa KKN di desa, kami sangat terbantu dengan program-program yang telah dilaksanakan. Salah satunya kegiatan festival anak soleh ini, dimana anak-anak akan termotivasi untuk lebih belajar agama,” katanya Dian Priatna, Rabu (9/9/2017) sore.

Dian berharap, apa yang telah dilaksanakan oleh Mahasiswa KKN Usn Kolaka tersebut akan dapat dilanjutkan lagi oleh masyarakat, karna kegiatan seperti ini sangat positif dan akan melahirkan anak-anak yang mempunyai akhlak baik.

“Semoga kegiatan yang dilaksanakan oleh teman-teman mahasiswa ini dapat diikuti oleh masyarakat, karna kegiatan ini sangat positif, dari sini akan terciptanya generasi-generasi yang memiliki akhlak nantinya.” tutupnya.(Redaksi-Kalosara News)

error: Hak Cipta dalam Undang-undang