,

Klaim Obat Corona Tuai Polemik, Dimana Kepercayaan Publik?

Wulan Amalia Putri, SST
Wulan Amalia Putri, SST

 


Oleh: Wulan Amalia Putri, SST (Pemerhati Masalah Sosial)


 

Berawal dari kontenYou Tube yang dibuat oleh Erdian Aji Prihartanto atau Anji pada 31 Juli 2020, polemik mengenai klaim penemuan obat Corona terus berlanjut.  Dianggap meresahkan dan memuat sejumlah kontenhoaks, You Tube akhirnya menghapus konten tersebut. Laporan ke pihak kepolisian pun sudah dilayangkan.

Adalah Hadi Pranoto yang mengaku telah menemukan Obat Corona, menggegerkan publik. Hadi mengaku telah menyembuhkan lebih dari 20.000 pasien covid setelah meminumramuan racikannya, 300 pasien di antaranya merupakan warga Pamijahan, Kabupaten Bogor. Bahkan pada kasus Konser Rhoma Irama, obat herbal racikan Hadi juga turut berperan dalam mencegah timbulnya positif Corona. (Cirebon.pikiran-rakyat.com,4/8/2020)

Namun, klaim penemuan obat Corona ini bukannya membawa angin segar, justru menuai beragam kontroversi. Tak hanya pakar, Ikatan Dokter Indonesia (IDI) mulai angkat bicara perihal keabsahan obat tersebut. Penyematan gelar Profesor dan Dokter pada Hadi pun tak luput dari sorotan.

 

Klaim tanpa Bukti?

Kisruh soal penemuan obat oleh Hadi Pranoto sudah memasuki ranah hukum. Ketua Umum Cyber Indonesia, MuannasAlaidid melaporkan Anji dan Profesor Hadi Pranoto ke Polda Metro Jaya, pada Senin, 3 Agustus 2020. “Kami datang ke SPKT Polda Metro Jaya untuk melaporkan secara resmi terkait unggahankontenchanelYouTube milik Anji. Itu durasinya sekitar 35 menit yang kita dapat berkaitan dengan interview. Konon seorang profesor bernama Hadi Pranoto yang kabarnya dia mengklaim telah menemukan penemuan terhadap obat Covid-19,” ujar MuannasAlaidid, dikutip PikiranRakyat-Cirebon.com dari RRI.

BACA JUGA :   Divkum Mabes Polri Nilai Polres Konawe Mampu Kondusifkan Pilkada

Tentang Penulis: admin

Gambar Gravatar
PT Kalosara Media Sultra | Penerbit www.kalosaranews.com merupakan anggota Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Sulawesi Tenggara (Sultra) serta tergabung dalam jaringan Siberindo.co