Koltim Diganjar Perhargaan dari Direktorat Perbendaharaan Sultra

Reporter : Utha | Editor : Armin | Publizher : Iksan


KALOSARA NEWS – Direktorat Jenderal Perbendaharaan Sulawesi Tenggara mengapresiasi pengelolaan keuangan daerah kolaka timur, itu di sampaikan saat pembentukan forum koordinasi di bidang pengelolaan keuangan negara dan daerah di aula kantor bupati koltim, rabu 26/08/2021.

Arif Wibawa kepala Kanwil Direktorat Jenderal Perbendaharaan Sulawesi Tenggara, mengakui pemerintah daerah koltim aktif mengawal proses perencanaan, pelaksanaan, penatausahaan, pelaporan dan pertanggung jawaban serta pengawasan keuangan daerah secara maksimal terukur dan berkelanjutan. Terlebih atas penyaluran dana desa tepat waktu.

 

Atas kinerja tersebut, pemerintah daerah koltim di ganjar sebagai daerah terbaik di bidang pengelolaan keuangan dalam penyaluran dana desa dan menjadi peringkat pertama.

” Kami berikan apresiasi kepada pemerintah daerah kolaka timur atas peringkat pertama penyaluran dana desa dan peringkat ke dua atas pengelolaan fisik. Itu prestasi luar biasa yang terus di pertahankan dan berharap kualitas nya di pertahankan,” kata Arif Wibawa.

Arif mengaku masih ada kekurangan yang perlu di perbaiki pemerintah daerah kolaka timur terutama pengelolaan fisik yang di biayai dari anggaran pusat, antaranya percepatan progres kegiatan untuk DAK Fisik.

 

Kegiatan DAK fisik ini di harapkan progresnya lebih cepat, artinya lelang DAK fisik harus tepat waktu, pencairan dana uang muka lebih capat agar kegiatannya juga bergulir lebih cepat, karena fisik DAK ini menjadi andalan daerah yang memiliki PAD yang dapat di bilang minim.

” Perlu kita ketahui DAK fisik itu merupakan andalan pemerintah daerah dalam rangka pembangunan, karena kita tau sendiri PAD nya itu kan sedikit sehingga ketergantungan daerah dengan APBN sangat besar dan dapat di manfaatkan dengan besar pula,” terang Arif Wibawa.

BACA JUGA :   1,7 Milyar Untuk Pembangunan Lanjutan Masjid Jabal Nur Tirawuta

Di tempat sama, Setda Koltim Andi Muh. Ikbal Tongasa bangga atas penilaian yang di berikan direktorat jenderal perbendaharaan Slawasi Tenggara. Kata dia prestasi yang di peroleh ini tak lepas dari kerjasama yang di bangun selama. Tidak lepas juga masukan arahan positif dari direktorat jenderal perbendaharaan sultra untuk perbaikan koltim yang lebih baik yang sejalan dengan visi SBM Aman.

 

“Di kesempatan ini pemerintah daerah koltim mengharapkan dukungan sinergitas serta komunikasi antara pemerintah pusat khususnya dalam bidang pengelolaan keuangan negara dan daerah. Dan berharap kedepan akan menjadi sarana informasi keuangan terpadu antara APBN dan APBD koltim yang komperhensif sebagai dasar pembuatan kebijakan strategis dalam pembangunan di koltim,” tutur Andi Muh. Ikbal Tongasa.

Di kesempatan ini juga Direktorat Jenderal Perbendaharaan Sulawesi Tenggara menyerahkan piagam penghargaan atas prestasi penyaluran dana desa tahap I 2021 kepada pemda Koltim, yang di terima setda Koltim, Andi Muh. Ikbal Tongasa mewakili Bupati Andi Merya serta pemberian penghargaan peringkat II atas penyaluran dan pelaporan Dana Alokasi Khusus (DAK) fisik semester I tahun 2021 lingkup pemerintah sultra dan di lanjutkan penanda tanganan MoU FKKPD yang pertama.


 

Tentang Penulis: admin

Gambar Gravatar
PT Kalosara Media Sultra | Penerbit www.kalosaranews.com merupakan anggota Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Sulawesi Tenggara (Sultra) serta tergabung dalam jaringan Siberindo.co