Koltim Fokus Peningkatan Ekonomi Melalui Sektor Unggulan

Reporter : Utha | Editor : Rj | Publizher : Iksan


KALOSARA NEWS : Pemerintah daerah Kolaka Timur (Koltim) mulai menyusun rencana pembangunan kerja tahun 2022 hasil musyawarah rencana pembangunan (Musrembang) tingkat kecamatan ke rapat koordinasi teknis rencana pembangunan (Rakor Tekrembang) di kantor Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Koltim.

Plt Bupati Koltim, Andi Merya Nur menyampaikan bahwa Rakor Tekrembang yang telah di laksanakan di aula Bappeda itu, diharapkan dapat mensingkronkan rencana kerja Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dengan usulan hasil musrembang kecamatan dan hasil aspirasi langsung masyarakat melalui reses anggota dewan koltim di daerah pemilihannya.

Dengan mensingkronkan rencana kerja tersebut, diharapkan tercipta program kerja yang bermanfaat bagi pembangunan daerah dengan merujuk pada kerangka kerja pembangunan daerah melalui visi misi bupati dan wakil bupati.

“Saya berharap agar program-program yang dapat dibahas dan menjadi usulan proritas dalam musrembang kecamatan dapat disinkronkan dengan rencana program yang dituangkan dalam rencana kerja OPD yang akan menjadi rencana kerja pemerintah daerah tahun 2022 serta memperhatikan pokok-pokok pikiran DPRD yang tertuang dari hasil reses dimasing-masing daerah pemilihan, demikian dengan arah kebijakan pembangunan melalui visi dan misi pemerintah daerah saat ini,” jelasnya

Untuk itu, pemerintah daerah melalui OPD masing-masing diharapkan untuk melakukan pengkajian perencanaan kerja yang sistematis dan berkualitas, demi terciptanya pembangunan yang memiliki asaz manfaat bagi masyarakat demikian di sektor kesejahteraan masyarakat.

Andi Merya menginginkan hasil rencana kerja pembangunan daerah tahun 2022 juga harus sesuai dengan program yang datang dari usulan tingkat bawah.

“Usulan yang kita peroleh hari ini melalui tahapan yang panjang mulai dari gagasan tingkat dusun usulan desa, usulan kelurahan dan usulan proritas Kecamatan. Dimana setiap kecamatan tersebut kami pimpin langsung dan mendengarkan apa yang akan menjadi kebutuhan dasar masyarakat yang nantinya jadi rencana kita di Kabupaten Kolaka Timur ini, untuk pembangunan kerja tahun depan,” terang Andi Merya Nur.

BACA JUGA :   Harga Bawang Meroket, Emak-emak Menjerit

Selain fokus pada pembangunan fisik, Andi Merya pula menyampaikan, di tahun 2022 Kolaka Timur akan berfokus pada peningkatan pertumbuhan ekonomi akibat pandemi Covid-19. Fokusnya melalui sektor unggulan dan percepatan pembangunan infrastruktur dasar.

 

Dan untuk mendukung kebijakan itu, maka ditetapkan benerapa prioritas pembangunan manusia melalui peningkatan akses pendidikan, akses kesehatan dan pengentasan kemiskinan.

Serta melalui percepatan pembangunan dan pemerataan infrastruktur, peningkatan nilai tambah ekonomi melalui sektor pertanian, pariwisata dan kesempatan kerja, pelestarian lingkungan hidup dan pengembangan budaya dan tata kelola pemerintahan juga masuk fokus kerja tahun 2022 ke depan.

“Tentu saya berharap melalui forum Rakor Tekrembang itu, program kegiatan direncanakan berorientasi pada manfaat untuk masyarakat dan menjadi proritas dalam hal pencapaian tujuan pembangunan di Kabupaten Kolaka Timur tahun 2022 yang mendatang,” harap Plt Bupati Andi Merya Nur.


 

Tentang Penulis: admin

Gambar Gravatar
PT Kalosara Media Sultra | Penerbit www.kalosaranews.com merupakan anggota Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Sulawesi Tenggara (Sultra) serta tergabung dalam jaringan Siberindo.co