Koltim Gelar Mosehe Wonua Sebagai Ritual Pensucian Negeri

Reporter : Utha | Editor : Rj | Publizher : Iksan


KALOSARA NEWS : Masyarakat adat suku Tolaki Mekongga gelar ritual pencucian negeri atau dalam bahasa Tolaki “Mosehe Wonua” di lapangan Lalingato Kabupaten Kolaka Timur (Koltim) Sulawesi Tenggara (Sultra) pada Kamis 08 April 2021.

Kegiatan ritual ini di hadiri Plt. Bupati Koltim Andi Merya Nur, raja Bokeo Mekongga Ke 19 Khaerun Dachlan, lembaga adat, toko adat, ketua TP PKK Koltim Diana Samsul Bahri, tokoh pemekaran dan Kepala OPD setempat.

Ritual mosehe wonua merupakan tradisi masyarakat tolaki yang kegiatanya telah di lakukan turun temurun, berdasarkan sejaran peradaban kerajaan di daratan sulawesi khususnya di kerajaan Mekongga ritual ini mulai di lakukan sejak kekuasaan raja Larumbalangi sampai pada raja Teporambe (Sangia Nilolo).

Sebagai salah satu kearifan budaya lokal suku tolaki, ritual Mosehe Wonua masih lestari sampai saat ini. Tujuan dari ritual ini selain sensucikan negeri agar terhindar dari segala bala, malapetaka dan di jauhkan dari wabah penyakit. Selain itu mosehe wonua juga sebagai pensucian diri.

“Menyadari akan tujuan ritual ini, maka perlu untuk di lakukan mosehe wonua, guna mensucikan Kolaka Timur dan kembali merajuk tali silaturahmi dan menata kehidupan masyarakat untuk saling bahu membahu bekerja sama dan menghindari segala pertikaian permasalahan untuk saling gotong royong membangun wonua menuju kehidupan yang bermartabat, rukun, damai, saling menghargai dalam ridho dan lindungan Allah,” kata Plt Bupati Koltim Andi Merya Nur.

Ia menambahkan, ritual Mosehe Wonua ini bisa menjadi agenda tahunan di kabupaten Kolaka Timur. Dan berharap semoga setelah kegiatan ini Kolaka Timur menjadi tempat yang teduh untuk semua golongan.

“Kami Pemda sangat mendukung tapi tentunya dengan dukungan dari semua masyarakat dan stakeholder. Semoga dengan ritual ini, Koltim menjadi wonua morini hende pu’u mbundi (Bagai pohon pisang) dan monapa hende pu’undawaro (teduh bagai pohon sagu,)” ungkap Plt Bupati Koltim.

Tentang Penulis: admin

Gambar Gravatar
PT Kalosara Media Sultra | Penerbit www.kalosaranews.com merupakan anggota Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Sulawesi Tenggara (Sultra) serta tergabung dalam jaringan Siberindo.co