Koltim Terima Sertifikasi Eliminasi Malaria

Reporter : Utha | Editor : Armin | Publizher : Iksan


KALOSARA NEWS : Pemerintah daerah (Pemda) Kolaka Timur (Koltim) meraih Sertifikasi Eliminasi Malaria. Atas keberhasilan ini, Plt Bupati Koltim, Andi Merya Nur yang diwakili Kadis Kesehatan Koltim, Ir Barwik Sirait, menerima penghargaan yang diserahkan langsung Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Selasa (27/4/2021) di Jakarta.

Sertifikasi eliminasi malaria tahun ini di berikan kepada 12 kabupaten/kota yang berhasil memenuhi indikator, salah satunya kabupaten kolaka timur (Koltim), provinsi sulawesi tenggara (Sultra).

Menurut Barwik, target keberhasilan sertifikasi eliminasi malaria ini telah di canangkan tiga tahun lalu oleh pemda koltim khususnya dinas kesehatan, itu berdasarkan syarat indikator penilaian untuk menerima sertifikasi tersebut.

Selain waktu yang menjadi indikator keberhasilan, juga terdapat tiga indikator utama, yakni Annual Parasite Insidence dibawah 1:1000 penduduk, lalu Slide Positifity Rate di bawah 5 %, dan Tidak ada kasus indigeneous atau penularan lokal.

“Ini dipantau selama tiga tahun berturut-turut. Untuk Tahun 2021 ini, cuma Kolaka Timur yang lolos. Tapi secara keseluruhan untuk Sulawesi Tenggara, Koltim Kabupaten penerima ke-11,” kata Barwik Sirait.


 

BACA JUGA :   Polres Kendari Ringkus Pelaku Begal Sadis di Perdos UHO

Tentang Penulis: admin

Gambar Gravatar
PT Kalosara Media Sultra | Penerbit www.kalosaranews.com merupakan anggota Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Sulawesi Tenggara (Sultra) serta tergabung dalam jaringan Siberindo.co