Konawe Episentrum Politik Wilayah Daratan di Sultra

Kabupaten Konawe merupakan satu dari empat pilar dari sejarah pendirian Provinsi Sulawesi Tenggara. Daerah yang dalam perkembangannya sekarang ini telah melahirkan empat Daerah Otonomi Baru (DOB).

Kemarin (3/3/2016) Kabupaten Konawe memperingati hari jadi daerah tersebut yang ke 56.
Upacara peringatan HUT Konawe digelar di halaman Kantor Sekretariat Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe. Dipimpin langsung Gubernur Sultra, Nur Alam.
Turut hadir sejumlah bupati / walikota dan unsur pimpinan DPRD se-Sultra.

Dalam pidato tertulisnya, Nur Alam memberikan apresiasi kepada pemerintah dan masyarakat di Kabupaten Konawe. Karena dalam perjalanan daerah ini telah mampu melahirkan empat daerah otonom yakni Kota Kendari, Konawe Selatan (Konsel), Konawe Utara (Konut) dan Konawe Kepulauan (Konkep).
“Sekarang ini pula lagi sedang dibahas pemekaran Konawe Timur pemekaran dari Konsel,”tuturnya.

Beberapa pemekaran wilayah ini diikuti dengan distribusi Sumber Daya Manusia (SDM). Utamanya dalam peningkatan aparatur Pegawai Negeri Sipil (PNS) di birokrasi dan politisi dalam mengisi kursi legislatif. Sehingga pada kesempatan ini, lanjut ia, Konawe bukan saja melahirkan daerah, tetapi juga telah banyak menciptakan kader yang banyak mengisi berbagai posisi di daerah pemekarannya.

“Pemerintah dan masyarakat harus bersama-sama bertekat membangun daerah ini,”ujarnya.

Kabupaten Konawe merupakan daerah yang paling luas wilayahnya dan memiliki Sumber Daya Alam (SDA) yang melimpah tersimpan di dalam perut bumi Konawe. Tinggal bagaimana mengelola dengan baik untuk terciptanya pembangunan dan kesejahteraan masyarakat.

BACA JUGA :   Ini Tiga Daerah Yang Akan Helat Pilkada Barengan Pilgub

Tentang Penulis: admin

Gambar Gravatar
PT Kalosara Media Sultra | Penerbit www.kalosaranews.com merupakan anggota Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Sulawesi Tenggara (Sultra) serta tergabung dalam jaringan Siberindo.co