Konawe Suplai Cabai di Beberapa Daerah di Sultra

Ketgam : Gunawan Samad
Ketgam : Gunawan Samad

KONAWE // Permintaan pasar komoditas pangan hortikultura seperti cabai para petani lokal di Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra) terus meningkat.

Melonjaknya permintaan pasar karena produksi cabai di Konawe mencapai 19 ton per hektare untuk setiap kali masa panen.

Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan (TPHP) Gunawan Samad mengatakan, produksi cabai di Kabupaten Konawe cukup tinggi setiap panen. Setiap panen pihaknya langsung telah menyuplai kebutuhan dibeberapa daerah di Sultra.

“Harga cabai hingga saat ini masih dalam kondisi baik. Bahkan pemasarannya hingga berbagai daerah di Sultra tidak mengalami kendala. Kami menyalurkan hasil panen cabai itu di pasar tradisional di Konawe, bahkan sampai keluar daerah seperti Kendari, Konsel hingga di Kolaka,” katanya.

Untuk meningkatkan produksi cabai, dirinya juga mengajak masyarakat untuk bisa menjadikan tanaman cabai sebagai salah satu pilihan komoditas budi daya.

Dikatakannya, keberhasilan ini tidak lepas dari konsep pertanian terpadu. Kombinasi tanaman cabai bersama beberapa komoditas lainnya ini tentu akan meningkatkan produktivitas pertanian serta meningkatkan perekonomian masyarakat.

“Selain di lahan terbuka, pekarangan rumah warga juga bisa ditanami cabai rawit. Ini juga sangat berkontribusi dalam peningkatan produksi cabai di daerah kita,” tutupnya.

error: Hak Cipta dalam Undang-undang