Kota Terpadu Mandiri Bakal Dibangun di Konawe

Lenterasultra.com-(Konawe)- Ketua DPRD Konawe, H Alaudin mengaku Kabupaten Konawe bakal mendapat jatah pembangunan Kota Terpadu Mandiri (KTM) khususnya di daerah-daerah pemukiman transmigrasi.

“Dan untuk Kabupaten Konawe tiga kecamatan yakni Abuki, Meluhu dan Amonggedo yang mendapat KTM ini,”katanya saat ditemui di ruang kerjaya, akhir pekan lalu.

Dikatakan, kepastian program pusat ini turun karena Konawe sudah diminta Peraturan Daerah (Perda) tertkait penunjukan daerah KTM ini. Dan saat ini pihaknya sedang menunggu draf Raperda dari Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi. “Nanti setelah rampung baru kita tetapkan. Dan setelah itu diusulkan untuk pemerintah pusat,”jelasnya.

Menurutnya, alokasi anggaran untuk tiga KTM ini sebesar Rp. 90 miliar. Dan akan turun secara berjenjang selama 10 tahun kedepan.

Peruntukannya untuk pembangunan sarana dan prasarana KTM, seperti Rumah Sakit (RS), pasar sentral dan kantor desa yang representatif serta sejumlah prasarana publik lainnya. “Jadi KTM ini semacam kota metropilitan di dalam Kabupaten,”katanya.

Ia menambahkan, program ini sudah lama dijanjikan. Dan baru akan direalisasi. Entah itu ada unsur politiknya atau tidak untuk kepentingan Pilpres nanti, kata dia, namun yang terpenting masyarakat dan daerah Kabupaten Konawe merasakan manfaatnya atas masuknya program tersebut.

“Pemkiran kita dulu hanya janji belaka. Ternyata ada juga realisasinya. Jadi yang terpenting asas manfaatnya ada. Kita usahakan 2016 ini sudah terealisasi. Dan itu juga merupakan permintaan dari pusat. Jadi kalau sudah terealisasi. Desa-desa kita ini bisa mandiri. Bahkan dapat menjadi penyangga ekonomi di Kabupaten Konawe secara umum,”tandasnya.( Penulis : Bioni Lenterasultra.com)

BACA JUGA :   Paus Terdampar di Pantai Sulawesi, Bupati Ikut Lihat

Tentang Penulis: admin

Gambar Gravatar
PT Kalosara Media Sultra | Penerbit www.kalosaranews.com merupakan anggota Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Sulawesi Tenggara (Sultra) serta tergabung dalam jaringan Siberindo.co